Kabar Gembira! KRL Bandara Premium akan Kembali Beroperasi

KAI Bandara
Ilustrasi KRL Bandara berjalan langsung di Stasiun Tanah Abang | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 31/12 – Kabar gembira di penghujung tahun 2021 bagi pengguna KRL Bandara. Pasalnya setelah beberapa bulan hiatus pascaujicoba April lalu, KAI Bandara akan kembali mengoperasikan layanan KRL Premium.

Berdasarkan rilis akun Instagram KAI Bandara, layanan Premium akan kembali pada Sabtu, 1 Januari 2022 mendatang. Akan terdapat 5 perjalanan pergi-pulang dengan total 10 perjalanan kelas Premium. Perjalanan pertama dari Manggarai tersedia pukul 06.37, sedang perjalanan terakhir pukul 19.37. Sementara perjalanan pertama dari Bandara Soekarno-Hatta tersedia pukul 07.49 dan perjalanan terakhir pukul 20.49.

Untuk tarif perjalanannya sendiri cukup murah, yakni Rp 5.000 untuk seluruh relasi, terkecuali untuk Bandara Soekarno-Hatta-Batuceper dan Bandara Soekarno-Hatta-Duri/Manggarai. Untuk relasi Bandara Soekarno-Hatta-Batuceper tarif perjalanannya adalah Rp 25.000, sedang untuk relasi Bandara Soekarno-Hatta-Duri/Manggarai tarifnya adalah Rp 30.000. Besaran tarif ini sama dengan yang berlaku saat uji coba KRL Premium pada April lalu.

Interior KRL Bandara Premium
Suasana kereta yang ramai di hari pertama beroperasinya layanan KRL Premium April 2021 | Foto: Aufa Ijlal Alifo

Fasilitas kabin pada KRL Bandara ini mirip dengan KRL Commuter Line pada umumnya, di mana kursi yang biasanya searah atau membelakangi perjalanan menjadi menghadap lorong. Selain itu terdapat pegangan tangan untuk mengakomodasi penumpang berdiri. Selain itu, terdapat jendela yang sengaja tidak ada bangku sebagai jalan keluar dalam kondisi darurat.

Metode pembayaran yang dapat digunakan untuk KRL Bandara Premium adalah di antara lain vending machine, situs web, meja informasi, dan aplikasi KAI Access ataupun KAI Bandara. Untuk tap and go sendiri sayangnya masih hanya berlaku untuk KRL Bandara kelas Eksekutif.

Pengoperasian kembali KRL kelas Premium sendiri menurut KAI Bandara berdasarkan peningkatan pendapatan dan jumlah pengguna. Saat KRL Premium beroperasi pada April lalu, jumlah pengguna naik hingga 55,81%, sedang pendapatan naik hingga 20,38%. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Kabar Gembira! KRL Bandara Premium akan Kembali Beroperasi

  • Selasa, 4 Januari 2022 pada GMT+0700 12:27
    Permalink

    ka bandara premium ini akan saya naiki tahun depan pas saya naik garuda a330neo

    Balas

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: