Berita KAIndonesiaKereta ApiUjicoba

Rangkaian KRDI Pertama Ikut Berubah Jadi Hijau

KRDI
KRDI pertama produksi INKA yang diujicobakan pasca perawatan akhir di Balai Yasa Yogyakarta| Foto: Muhammad Hikmal Akbar

REDigest.web.id, 2/12 – Rangkaian KRDI pertama produksi INKA, rangkaian K3 3 08 01, telah selesai menjalani perawatan akhir di Balai Yasa Yogyakarta. Seperti rangkaian KRDI lainnya, rangkaian ini juga berubah warna menjadi hijau. Rangkaian ini memiliki skema asli oranye-krem.

Rangkaian K3 3 08 01 yang merupakan rangkaian non-AC ini menggunakan skema yang sama dengan yang tiga rangkaian KRDI milik Daop 8 Surabaya lainnya gunakan. Walaupun sama-sama memiliki warna hijau sebagai warna dominan, skema ini berbeda dengan yang KRDI milik Daop 6 Yogyakarta gunakan. Perbedaan tersebut antara lain pada lebih banyaknya penggunaan warna putih serta bentuk skema yang berombak. Skema ini mengikuti skema asli rangkaian KRDI peruntukan KA Jenggala buatan INKA tahun 2013, dengan nomor rangkaian K3 3 13 01 dan K3 3 13 05.

Sebelumnya, KAI telah mengujicobakan rangkaian K3 3 08 01 pada rute Lempuyangan-Kutoarjo (PP) pada Senin (29/11) lalu. Setelah uji coba, rangkaian kembali masuk ke Balai Yasa Yogyakarta untuk evaluasi. Rangkaian ini kemudian telah bertolak kembali ke Surabaya hari ini (2/12) sekitar pukul 9 pagi lalu.

Dengan berubahnya rangkaian K3 3 08 01 menjadi hijau, maka KRDI dengan skema asli keluaran pabrik di Pulau Jawa hanyalah tinggal rangkaian K3 3 09 13. Namun rangkaian ini saat ini sedang tidak beroperasi dan menunggu perbaikan di dalam Balai Yasa Yogyakarta. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai rangkaian ini. Namun tentunya rangkaian tersebut akan keluar dengan skema terkini dan bukan bawaan pabrik bila nantinya rangkaian ini menjalani perbaikan. (RED/MPF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


2 komentar pada “Rangkaian KRDI Pertama Ikut Berubah Jadi Hijau

  • Vesa Hansa Khrisna

    sayangnya ga pasang AC

    Balas
    • Mungkin ada beda kebijakan antara Daop 6 dan 8, sehingga di surat permohonan perawatan akhir untuk rangkaian tsb ga disertakan pemasangan AC

      Balas

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×