TransJakarta Luncurkan Operator Koantas Bima

Koantas Bima TransJakarta
Armada bus TransJakarta Koantas Bima dengan kode KBM-005 saat peresmian | Foto: Fotografi Bus Ibukota

REDigest.web.id, 3/12 – Satu lagi operator bus di wilayah Jakarta bergabung menjadi operator TransJakarta. Operator satu ini adalah Koantas Bima (Koperasi Angkutan Lintas Bis Madya), nama yang sudah legendaris dengan beberapa trayek yang terkenal seperti 102 (Tanah Abang-Ciputat) dan 509 (Kampung Rambutan-Lebak Bulus).

Berdasarkan akun Twitter TransJakarta, pada Kamis (2/12) kemarin telah berlangsung acara peresmian Wajah Baru Bus Sedang Koantas Bima. Pihak TransJakarta berharap dengan bergabungnya Koantas Bima, maka perwujudan integrasi antarmoda di Jakarta akan semakin lengkap.

Berdasarkan pantauan rekan Tim REDaksi dari lapangan sendiri, dalam acara ini terdapat empat unit bus yang dipamerkan. Satu unit bus dengan nomor KBM-005 adalah unit dengan livery vintage seperti Koantas Bima konvensional. Sedangkan dua unit lainnya mengenakan livery spesial JakLingko. Untuk unit keempat sendiri adalah unit bus konvensional yang digunakan Koantas Bima.

Interior bus Koantas Bima
Interior bus Koantas Bima | Foto: Farhan Fadhlurrahman

Menurut akun Instagram Busway Fans Club, armada bus Koantas Bima ini menggunakan sasis Hino FB130 dengan bodi Trisakti Medium Bus. Sedang untuk kelengkapan tambahan, bus ini menggunakan AC Denso G08-SS. Interior bus Koantas Bima ini sendiri mirip dengan bus medium MiniTrans yang umum beredar, yakni kursi 3 baris dengan konfigurasi 2-1 kecuali pada baris paling belakang dengan 4 baris.

Meskipun Koantas Bima sendiri telah diresmikan sebagai operator TransJakarta, namun masih belum diketahui kapan operator ini akan mulai mengaspal melayani penggunanya, ataupun rute yang akan dialokasikan. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “TransJakarta Luncurkan Operator Koantas Bima

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: