KRL Seri 205 “Marchen Face” dan Seri 05 Ikut Mulai Lepas Teralis

Marchen Face lepas teralis
Rangkaian DP146, 205 Marchen Face pertama yang melepas teralisnya | Foto: RED/Gilang Fadhli

REDigest.web.id, 9/1 – KAI Commuter sejak 2021 lalu telah melepas terali (ejaan baku, lebih sering dieja teralis) KRL secara bertahap. Sejumlah rangkaian telah tidak lagi berteralis sejak perawatan rutin ataupun perawatan 48 bulanan.

Pada saat itu, dua jenis KRL yakni KRL seri 205 Marchen Face dan KRL seri 05 belum mendapat pelepasan teralis. Kabar mengejutkan pun datang pada Januari 2022, ketika KAI Commuter mulai melepas terali pada kedua jenis KRL ini di hari yang sama pula.

205 Marchen Face lepas teralis 2
Rangkaian DP146 sisi utara saat berada di Stasiun Pasar Minggu | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

KRL seri 205 Marchen Face yang pertama kali mendapat perlakuan ini adalah rangkaian DP146. Rangkaian ini pertama kali tampak tanpa teralis pada Sabtu (8/1). Tim REDaksi pertama kali berhasil memotret rangkaian ini saat berdinas sebagai KA 1203 Depok-Jakarta Kota.

05-102F lepas teralis
05-102F, rangkaian KRL eks Tokyo Metro seri 05 pertama yang telah melepas teralis | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Sedangkan KRL seri 05 yang pertama kali mendapat perlakuan ini adalah rangkaian 05-102F. Tim REDaksi pertama kali berhasil memotret rangkaian ini saat berdinas sebagai KLB kirim rangkaian untuk armada Lin Tanjung Priok.

205 tanpa teralis sebelah
KRL seri 205 yang teralisnya hanya satu sisi yang dilepas | Foto: RED/ M. Ridwan SR

Selain kedua rangkaian ini, program pelepasan teralis juga berlanjut pada sejumlah rangkaian lain yang belum mendapat perawatan 48 bulanan. Namun menariknya, di beberapa rangkaian teralisnya justru hanya dilepas di sisi kanan. Bukan di sisi kiri di mana masinis duduk. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: