Stasiun Perbaungan Kini Kembali Layani Penumpang Setelah Bertahun-tahun Lamanya

KA Putri Deli Perbaungan
KA Putri Deli berhenti melayani penumpang di Stasiun Perbaungan | Foto: Ramdhay Bin Amroellah

REDigest.web.id, 5/2 – Berita gembira juga datang dari Divisi Regional I Sumatra Utara (Divre 1), tepatnya dari Stasiun Perbaungan. Setelah bertahun-tahun lamanya Stasiun ini tidak melayani penumpang, mulai Selasa (1/2) kemarin stasiun ini kembali melayani penumpang.

Berdasarkan kiriman salah satu penggemar KA, Ramdhay Bin Amroellah, saat beroperasi kembali stasiun ini melayani penjualan tiket KA ekonomi. KA-KA tersebut adalah KA Putri Deli dengan tujuan Medan-Tanjung Balai PP, dan KA Siantar Ekspres (Sireks) dengan relasi Medan-Siantar PP. Untuk penjualan tiket KA sendiri saat stasiun ini beroperasi kembali baru tersedia di aplikasi KAI Access.

Dari kiriman tersebut, tampak pula bangunan stasiun yang telah rapih kembali untuk menyambut pengguna KA. Stasiun Perbaungan sendiri memang sempat tak melayani penumpang selama delapan tahun. Hal ini diakibatkan oleh kebijakan KAI yang tak mengizinkan pedagang asongan berdagang di atas KA sejak 2012 silam.

Akibatnya, pada Februari 2012 pedagang pun berdemonstrasi dengan menutup jalur KA hingga melempari KA dengan batu. KAI pun akhirnya menutup pelayanan penumpang di stasiun ini sejak 2013 silam. Pada Februari 2014 pun, aksi demonstrasi kembali berlangsung akibat pelayanan tiket yang tak kunjung buka kembali. Bahkan DPRD Sumatra Utara pun sudah meminta KAI agar membuka kembali stasiun ini.

Pada tahun 2021 pun warga kembali meminta KAI agar setidaknya salah satu stasiun di Kabupaten Sergai melayani penumpang. Salah satu stasiun tersebut adalah Stasiun Perbaungan. Selama stasiun ini, bersama dengan Lidah Tanah, Teluk Mengkudu, dan Seirampah tidak beroperasi, warga harus memesan tiket KA hingga sejauh Lubukpakam.

Selama tak beroperasi untuk penumpang, praktis stasiun ini hanya melayani aktivitas KA CPO Adolina dan KA penumpang yang melintas. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: