Berita KAIndonesiaKAI CommuterKereta ApiMRT Jakarta

SPKA Kembali Tegaskan Penolakan atas Akuisisi terhadap KAI Commuter

Ilustrasi armada MRT Jakarta dan KAI Commuter (PT KCI)
Ilustrasi armada MRT Jakarta dan KAI Commuter (PT KCI) | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy dan RED/Adnan Jarkasih

REDigest.web.id, 7/2 – Lama tak terdengar kabarnya, Serikat Pekerja Kereta Api (SPKA) kembali menegaskan penolakan atas akuisisi MRT Jakarta terhadap KAI Commuter (PT Kereta Commuter Indonesia; KCI). Menurut mereka, proses akuisisi ini tidak memiliki dasar alasan yang kuat.

Melansir dari Bisnis Today, Juru Bicara SPKA, Dani Hamdani mengatakan secara tegas jika tuntutan dan permintaan SPKA terhadap PT KAI tidak mencapai titik temu, SPKA akan melakukan berbagai upaya. Upaya tersebut di antaranya berupa upaya konstitusional, ataupun upaya lain seperti aksi damai dan mogok kerja.

Dani menambahkan pernyataan ini merupakan hasil musyawarah nasional SPKA di Tanjungkarang pada 26-27 Januari silam. Dalam musyawarah nasional ini dan rapat koordinasi pada Jumat (4/2), SPKA membahas perkembangan seperti hubungan industri dan terus bergulirnya rencana akuisisi terhadap PT KCI.

Ia mengatakan SPKA secara tegas tetap menolak akuisisi PT KCI, dan tetap mendukung integrasi dan kolaborasi sistem transportasi nasional. Mereka juga merasa pihak manajemen mengabaikan masukan-masukan dari SPKA. Berdasarkan ketentuan PKB pada Pasal 6 ayat (2) huruf c, SPKA berhak memberikan usulan kepada perusahaan dalam menetapkan kebijakan strategis yang berdampak kepada kesejahteraan pekerja.

Dani menilai karena akuisisi ini dapat merugikan perusahaan dan dapat mempengaruhi kesejahteraan pekerja, maka SPKA dengan tegas menolak akuisisi. Sebelumnya, pada Januari 2021 lalu SPKA telah menyatakan penolakan mereka atas rencana ini. Tidak hanya itu, SPKA juga mengadakan seminar daring dengan platform Zoom bersama Institut Studi Transportasi. (RED/IHF)

Adendum 7 Februari 2022 17.40: Pihak KAI sendiri telah memberi tanggapan atas tuntutan SPKA dalam artikel ini. Menurut VP Public Relations KAI Joni Martinus, KAI telah melakukan diskusi dengan SPKA dan menampung saran yang telah mereka berikan.

Selain itu, KAI selaku BUMN akan mematuhi kebijakan pemerintah selaku pemegang saham dan berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna.


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×