KAI Commuter Kembali Uji Coba Peningkatan Kecepatan KRL di Siang Hari

peningkatan kecepatan krl siang
KRL seri 205 rangkaian BUD134+131 saat bersiap menjadi rangkaian uji coba peningkatan kecepatan KRL di siang hari | Foto: Satoshi Takagi

REDigest.web.id, 4/2 – KAI Commuter kembali mengujicobakan peningkatan kecepatan KRL di Lin Cikarang, Kamis (3/2). Namun, kali ini KAI Commuter melaksanakan uji coba peningkatan kecepatan KRL pada siang hari.

Bertugas sebagai rangkaian uji coba adalah KRL seri 205 rangkaian BUD134+131 susunan 12 kereta dengan komposisi delapan kereta berpenggerak dan empat kereta pengikut (8M4T). Masih sama seperti sebelumnya, rangkaian KRL uji coba akan berhenti di setiap stasiun antara Jatinegara dan Cikarang. Namun, dalam uji coba kali ini puncak kecepatan KRL menjadi hanya 90 km/jam. Puncak kecepatan ini sama dengan puncak kecepatan KRL di Daop 6 Yogyakarta.

peningkatan kecepatan krl siang
KRL seri 205 rangkaian BUD134+131 dengan kecepatan hingga 90 km/jam di Cipinang | Foto: Deni Andriansyah

Rangkaian BUD134+131 berangkat pada pukul 11:30 WIB dari Manggarai menuju Jatinegara. Di Jatinegara, rangkaian ini sempat berhenti lama menunggu waktu pemberangkatan uji coba pada pukul 12:00 WIB. Rangkaian tiba di Cikarang pada pukul 12:50 WIB. Dalam uji coba ini, terdapat tantangan KLB harus menunggu KRL reguler dengan kecepatan normal 70 km/jam di depannya agar berjarak cukup jauh. Sehingga waktu tempuh hingga Cikarang masih mencapai 50 menit.

Beberapa ruas antara Jatinegara-Cikarang memiliki jarak antar stasiun yang cukup rapat. Namun menurut informasi dan video yang Tim REDaksi terima, rangkaian BUD134+131 bahkan mampu melebihi kecepatan 90 km/jam pada ruas-ruas tertentu.

Belum ada informasi mengenai uji coba lanjutan atau kapan peningkatan kecepatan akan berlaku. Namun, waktu tempuh KRL di Lin Cikarang akan jauh berkurang saat peningkatan kecepatan telah berlaku. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: