Bantu Pengungsi Ukraina, Polandia Operasikan Kereta Rumah Sakit

Kereta rumah sakit Polandia
Interior kereta rumah sakit Polandia | Foto: The First News

REDigest.web.id, 8/3 – Dalam situasi darurat, sarana kereta api bisa beralih fungsi menjadi rumah sakit. Seperti contohnya di Indonesia, sejumlah kereta beralih fungsi menjadi kereta rumah sakit untuk menghadapi pandemi. Sedang di Polandia, negara ini juga telah mengoperasikan kereta rumah sakit untuk membantu pengungsi perang dari Ukraina.

Melansir dari Notes From Poland, sejak 25 Februari lalu Kementerian Kesehatan Polandia telah mulai mempersiapkan kereta evakuasi untuk mengangkut pengungsi dari Ukraina. Adam Niedzelski, Menteri Kesehatan Polandia mengirim di akun Twitternya gambar kereta yang kala itu masih setengah jadi. Kereta rumah sakit ini menurutnya dapat mengangkut 150 pasien.

Melansir dari The First News, pada 28 Februari kemarin saja sudah ada 600 orang yang berhasil terselamatkan dengan kereta rumah sakit ini. Pada saat itu, para kru sedang berlatih melakukan proses evakuasi dengan perlengkapan lengkap berupa bantuan kemanusiaan, makanan, obat-obatan, dan perlengkapan medis. Ketika mereka berada di perbatasan dengan Ukraina, mereka melihat pemandangan memilukan dari para pengungsi.

Perlengkapan medis
Perlengkapan medis di dalam kereta | Foto: The First News

Sadar dengan apa yang mereka hadapi, para kru yang sejatinya sedang berlatih ini langsung melaksanakan penyelamatan sungguhan dan mengangkut sebanyak mungkin pengungsi. Terdapat 250 wanita dan 350 anak yang terangkut kereta rumah sakit ini, kebanyakan dari mereka turun di Przemyśl, dan beberapa lagi di Lublin. Sebanyak 140 wanita dan anak-anak melanjutkan perjalanan ke Warsawa.

Polandia sendiri berencana telah berencana akan kembali mengirimkan kereta rumah sakit ini dalam waktu mendatang. Waldemar Kraska, seorang pejabat dari Kementerian Kesehatan mengatakan keberangkatan selanjutnya akan berfokus ke ibu hamil dan anak-anak. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: