Hino RN 285 Automatic: Kini Eksis Kembali

Bus Hino Automatic Harapan Jaya
Hino RN 285 Automatic pertama di Indonesia yang dimiliki oleh PO Harapan Jaya | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

REDigest.web.id, 6/3 – Beberapa tahun lalu, tepatnya pada ajang Indonesia International Motor Show 2013 PT Hino Motors Sales Indonesia meluncurkan varian sasis baru yaitu Hino RN 285 ke hadapan publik. Sasis dengan nama lengkap Hino RN8JSKA-SJJ ini merupakan sasis yang satu tingkat di atas sasis Hino RK8, di mana pada sasis Hino RN 285 memiliki kelengkapan seperti sistem suspensi udara, fitur stabilizer dan lateral rod, serta penggunaan mesin diesel jenis common-rail.

Saat itu perusahaan otobus pertama yang menggunakan sasis Hino RN 285 adalah PO Sinar Jaya yang juga merupakan perusahaan otobus pertama yang menggunakan bodi All New Legacy Sky SR-1 buatan karoseri Laksana. Saat ini Sinar Jaya bersasis Hino RN 285 pertama di Indonesia tersebut beroperasi dengan nomor lambung 16 RB dan berdinas pada rute Sumber Arta-Wonosobo.

Bus Hino RN285 Sinar Jaya
PO Sinar Jaya, pemilik Hino RN 285 pertama sekaligus bodi All New Legacy Sky SR-1 pertama di Indonesia. | Foto: Reeza Rizky S

RN 285 Automatic Milik Harapan Jaya

Menjelang akhir tahun 2017, PT Hino Motors Sales Indonesia kembali meluncurkan varian lain dari sasis Hino RN 285 yang telah beredar sebelumnya, yaitu sasis Hino RN 285 Automatic. Bus dengan transmisi otomatis ini hadir sebagai solusi kebutuhan transportasi bus terutama bagi pengemudi bus karena lebih mudah dikendarai serta dapat mengurangi rasa lelah saat melewati kemacetan.

Setelah acara peluncuran tersebut, keberadaan sasis Hino RN 285 dengan transmisi otomatis ini sempat menjadi misteri karena belum ada informasi siapa perusahaan otobus yang bakal tertarik menggunakan sasis tanpa tuas persneling tersebut. Namun penantian tersebut akhirnya terjawab pada acara Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018.

Bus Hino Automatic Harapan Jaya
PO Harapan Jaya, pemilik Hino RN 285 Automatic pertama di Indonesia pada acara GIIAS 2018| Foto: RED/Enrico Perdana Putra

PO Harapan Jaya adalah perusahaan otobus pertama yang menggunakan sasis Hino RN 285 Automatic. Bus dengan balutan  bodi Avante HDD buatan karoseri Tentrem ini merupakan satu-satunya Hino RN 285 dengan transmisi otomatis yang beroperasi sebagai bus antar kota antar provinsi.

Transmisi bus
Transmisi otomatis pada Hino RN 285 Automatic jenis Allison T325R | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Pertama kali beroperasi, Hino RN 285 Automatic Harapan Jaya berdinas sebagai bus malam kelas VIP dengan dinasan rute yang sering berubah seperti Blitar-Bandung, Blitar-Jogja-Magelang, Blitar-Jabodetabek, Blitar-Merak, bahkan Blitar-Bandar Jaya di provinsi Lampung. Saat ini, unit dengan nomor lambung H567 tersebut memiliki dinasan tetap sebagai bus pagi rute Malang-Surabaya-Jakarta.

Bus Harapan Jaya
Unit RN 285 Automatic Harapan Jaya yang bertugas sebagai bus MS 09 angkatan pagi Ciledug-Malang | Foto: Pakde Agus (HARJAY Mania)

RN 285 Automatic Milik Bin Ilyas

Selain Harapan Jaya terdapat perusahaan otobus lain yang diketahui juga menggunakan sasis Hino RN 285 Automatic. Berdasarkan Trip Report Syahrul Mu menaiki unit Hino RN 285 Automatic Harapan Jaya, Syahrul Mu mendapat informasi dari sopir bahwa terdapat satu unit Hino RN 285 Automatic lainnya dimiliki oleh perusahaan otobus pariwisata.

Berdasarkan pencarian Tim REDaksi tertemukan perusahaan otobus pariwisata yang penjelasan unit busnya via Instagram menggunakan sasis Hino RN 285 Automatic. Perusahaan otobus tersebut adalah PO Bin Ilyas dengan nomor polisi F 7547 FC. Namun belum ada informasi bus dengan nomor lambung B-032 tersebut memiliki spesifikasi mesin yang sama atau tidak dengan yang dimiliki PO Harapan Jaya serta menggunakan transmisi merk apa.

Hino RN 285 pariwisata
Unit RN 285 Automatic Bin Ilyas. Tampak stiker bertuliskan Automatic Transmission yang disematkan pada kaca samping bus | Foto: akun Instagram @dwilaksana.2

Hino RN 285 Automatic di TransJakarta

Selama beberapa tahun belum ada lagi perusahaan otobus yang membeli sasis Hino RN 285 Automatic, hingga menjelang akhir 2021 muncul sebuah foto bus TransJakarta yang menggunakan sasis tersebut dengan balutan bodi Cityline 3 buatan karoseri Laksana. Hino RN 285 Automatic TransJakarta tersebut merpakan milik operator Bayu Holong Persada, salah satu perusahaan travel yang juga menjalankan layanan bus komuter di Kota Jakarta.

Di karoseri Laksana terdapat beberapa unit Hino RN 285 Automatic TransJakarta yang menggunakan 3 livery berbeda. Livery tersebut di antaranya livery putih biru tua khas TransJakarta, livery putih biru toska tematik JakLingko, serta livery putih biru muda garis oranye tematik bus kotanya Bayu Holong Persada.

Dan pada hari Sabtu (26/2) satu unit Hino RN 285 Automatic TransJakarta livery tematik bus kota rilis dari karoseri Laksana. Unit tersebut berangkat dari karoseri Laksana di Ungaran, Jawa Tengah menuju Jakarta melewati jalan Pantura. Sedangkan unit-unit lainnya masih dalam proses pengerjaan di karoseri Laksana.

TransJakarta RN 285
Salah satu unit Hino RN 285 Automatic TransJakarta operator Bayu Holong Persada yang rilis dari karoseri Laksana pada Sabtu (26/2) kemarin | Foto: akun Instagram @trinovanda

Saat tulisan ini terbit masih belum ada informasi unit Hino RN 285 Automatic TransJakarta akan mendapat alokasi pada koridor mana dan unit-unit lain yang di karoseri Laksana kapan akan rilis. Namun dengan hadirnya Hino RN 285 bertransmisi otomatis di TransJakarta menjadi pertanda bahwa keberadaan sasis jenis ini masih tetap eksis di balik ramainya peminat sasis yang sudah jamak di pasaran.

Setelah TransJakarta, akankah ada perusahaan otobus lain yang berminat membeli sasis Hino RN 285 Automatic? Dan akankah sasis bus ini akan mengalami perubahan spesifikasi di tahun 2022, mengingat pada bulan April nanti pemerintah Indonesia menetapkan standar emisi Euro 4 pada kendaraan bermesin diesel? Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari PT Hino Motors Sales Indonesia. (RED/EPP)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: