Lokomotif Eks Konservasi Sementara Mulai Beroperasi Kembali

lokomotif konservasi sementara
Lokomotif CC2039509 telah kembali beroperasi setelah menjalani perawatan akhir di Balai Yasa Yogyakarta. Lokomotif ini sebelumnya menyandang status konservasi sementara akibat penundaan perawatan akhir dari tahun 2021 ke tahun 2022. | Foto: Ahmad Ziyad

REDigest.web.id, 12/3 – Lokomotif yang parkir dan tidak beroperasi sepanjang tahun 2021 dengan status konservasi sementara telah mulai kembali beroperasi. Beberapa lokomotif yang telah kembali beroperasi ini telah menjalani perawatan akhir terlebih dahulu.

Di antara lokomotif-lokomotif tersebut adalah CC2018302 milik Depo Yogyakarta dan CC2039509 milik Depo Purwokerto. Lokomotif CC2018302 menjadi lokomotif eks konservasi sementara pertama yang kembali beroperasi. Sedangkan lokomotif CC2039509 menjadi lokomotif kedua yang kembali beroperasi. Lokomotif ini juga telah beberapa kali menghela KA jarak jauh sejak kembali beroperasi.

Identitas sarana pada lokomotif CC2039509 | Foto: Ahmad Ziyad

Sementara itu, lokomotif CC2018307 milik Depo Madiun yang terkenal dengan julukan “Si Bader” juga telah bertolak ke Balai Yasa Yogyakarta untuk menjalani perawatan akhir. Lokomotif ini kini sudah berada di dalam Balai Yasa Yogyakarta.

Terdapat 15 lokomotif yang menyandang status konservasi sementara sepanjang tahun 2021. Ke-15 lokomotif ini mengalami penundaan perawatan akhir akibat pandemi COVID-19. Ke-15 lokomotif itu terdiri dari satu lokomotif Depo Cirebon, tiga lokomotif Depo Semarang Poncol, empat lokomotif Depo Purwokerto, empat lokomotif Depo Yogyakarta, satu lokomotif Depo Madiun, dan dua lokomotif Depo Jember.

Lokomotif-lokomotif tersebut akan menjalani perawatan akhir di Balai Yasa Yogyakarta di tahun 2022 ini. Masuknya lokomotif-lokomotif ini ke Balai Yasa Yogyakarta akan berlangsung secara bertahap sepanjang tahun 2022. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: