MRT Jakarta Berlakukan Kapasitas Tempat Duduk 100%

MRT Jakarta
Ilustrasi MRT Jakarta trainset 15 memasuki Stasiun Blok A | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 14/3 – Setelah sebelumnya KAI Commuter telah melepas pembatasan tempat duduk (meski akhirnya kembali terbatas), kini MRT Jakarta menyusul untuk memberlakukan kapasitas tempat duduk 100%.

Berdasarkan akun Twitter resmi MRT Jakarta, kebijakan ini berlaku mulai Senin (14/3) ini. Seperti KAI Commuter, petugas MRT Jakarta telah melepas tanda larangan duduk di tempat duduk armada MRT Jakarta. Dengan pemberlakuan kapasitas tempat duduk 100%, pengguna MRT Jakarta dapat duduk tanpa harus berjarak dengan pengguna lainnya. Kapasitas MRT Jakarta saat ini adalah 86 orang per kereta, ataupun 516 orang per rangkaian 6 kereta.

Menurut rilis pers MRT Jakarta, kebijakan ini berdasarkan Surat Keputusan Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Nomor 145 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2. Kebijakan ini juga mengacu ke Surat Edaran Kementerian Perhubungan RI Nomor 25 Tahun 2022 mengenai pengaturan kapasitas penumpang maksimal 100 persen untuk moda transportasi massal yang berada di wilayah dengan status PPKM Level 2.

Untuk jam operasional sendiri, MRT Jakarta pada hari kerja beroperasi 05.00-21.30 dengan headway 5 menit pada jam sibuk dan 10 menit di luar jam sibuk. Sedangkan pada hari libur atau akhir pekan, MRT Jakarta beroperasi 06.00-21.30 dengan headway 10 menit sekali.

Pengguna MRT Jakarta juga masih wajib untuk menerapkan protokol kesehatan ketat selama di area MRT Jakarta. Di antaranya adalah memakai masker, tidak berbicara baik satu arah maupun dua arah di dalam kereta, dan scan QR code aplikasi PeduliLindungi. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: