Berita KAInternasional

Rusia Turunkan Kereta Lapis Baja ke Ukraina

Kereta lapis baja Rusia
Kereta lapis baja milik Rusia | Foto: thedrive.com

REDigest.web.id, 10/3 – Militer Rusia tampak menurunkan kereta lapis baja dalam invasi ke Ukraina. Dalam video yang diunggah oleh akun Twitter @raging545 pada 8 Maret lalu terlihat kereta lapis baja ini melintas di daerah Novobohdanivka, sekitar 25 kilometer di utara Meliotopol. Dalam video tersebut terlihat kereta lapis baja ditempatkan di depan dan belakang lokomotif paling depan.

Dalam video juga terlihat lokomotif ditambahi simbol “Z” yang sampai saat ini masih belum diketahui apa maksudnya. Di belakang kereta lapis baja kedua diikuti rangkaian yang terdiri atas kereta bagasi, kereta penumpang, gerbong datar, kereta lapis baja lainnya, lokomotif kedua, dan rangkaian kereta barang lainnya.

Di atas gerbong datar terlihat sebuah objek diangkut namun tidak diketahui apa yang diangkut oleh kereta tersebut. Seperti dilansir dari thedrive.com, diketahui kereta lapis baja tersebut diberangkatkan dari sebuah depo di Semenanjung Krimea. Namun tidak diketahui ke mana tujuan kereta tersebut.

Kereta lapis baja juga terlihat membawa senapan otomatis ZU-23 twin barrel 23 mm yang dapat digunakan untuk menembak pesawat yang terbang rendah ataupun target di darat. Militer Rusia terakhir kali menggunakan kereta lapis baja saat perang di Chechnya dan Georgia. Rusia memang diketahui mengaktifkan kembali beberapa kereta jenis ini di era modern. Dua yang cukup terkenal adalah kereta lapis baja Amur dan Baikal.

Secara tradisional, fungsi dari kereta lapis baja adalah untuk melindungi angkutan logistik, perbaikan jalan rel di medan pertempuran, membersihkan ranjau, dan mendukung infanteri. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×