Rusia Turunkan Kereta Lapis Baja ke Ukraina

Kereta lapis baja Rusia
Kereta lapis baja milik Rusia | Foto: thedrive.com

REDigest.web.id, 10/3 – Militer Rusia tampak menurunkan kereta lapis baja dalam invasi ke Ukraina. Dalam video yang diunggah oleh akun Twitter @raging545 pada 8 Maret lalu terlihat kereta lapis baja ini melintas di daerah Novobohdanivka, sekitar 25 kilometer di utara Meliotopol. Dalam video tersebut terlihat kereta lapis baja ditempatkan di depan dan belakang lokomotif paling depan.

Dalam video juga terlihat lokomotif ditambahi simbol “Z” yang sampai saat ini masih belum diketahui apa maksudnya. Di belakang kereta lapis baja kedua diikuti rangkaian yang terdiri atas kereta bagasi, kereta penumpang, gerbong datar, kereta lapis baja lainnya, lokomotif kedua, dan rangkaian kereta barang lainnya.

Di atas gerbong datar terlihat sebuah objek diangkut namun tidak diketahui apa yang diangkut oleh kereta tersebut. Seperti dilansir dari thedrive.com, diketahui kereta lapis baja tersebut diberangkatkan dari sebuah depo di Semenanjung Krimea. Namun tidak diketahui ke mana tujuan kereta tersebut.

Kereta lapis baja juga terlihat membawa senapan otomatis ZU-23 twin barrel 23 mm yang dapat digunakan untuk menembak pesawat yang terbang rendah ataupun target di darat. Militer Rusia terakhir kali menggunakan kereta lapis baja saat perang di Chechnya dan Georgia. Rusia memang diketahui mengaktifkan kembali beberapa kereta jenis ini di era modern. Dua yang cukup terkenal adalah kereta lapis baja Amur dan Baikal.

Secara tradisional, fungsi dari kereta lapis baja adalah untuk melindungi angkutan logistik, perbaikan jalan rel di medan pertempuran, membersihkan ranjau, dan mendukung infanteri. (RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: