Akhirnya Jalur 2 Stasiun Jatinegara Telah Beroperasi Kembali

BUD75+77 Stasiun Jatinegara
KRL rangkaian BUD75+77 berangkat dari jalur 2 Stasiun Jatinegara | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 16/4 – Selang beberapa bulan setelah beroperasi kembalinya jalur 1 dan beroperasinya jalur 8, kini jalur 2 Stasiun Jatinegara sudah beroperasi kembali. Pengoperasian ini berlangsung setelah switch over antara hari Rabu (13/4) dan Kamis (14/4) kemarin.

Usai switch over, pada hari pertama pengoperasian kembali jalur 2 yakni Kamis, pelayanan KRL arah Jakarta Kota via Manggarai justru masih menggunakan jalur 3. Sedangkan kereta api jarak jauh masuk atau melewati jalur 2. Tim REDaksi mendatangi Stasiun Jatinegara pada Jumat (15/4) kemarin dengan pola pelayanan yang telah berubah.

8618F Jatinegara
KRL rangkaian 8618F bersiap memasuki jalur 2 Stasiun Jatinegara | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Saat Tim REDaksi datangi, jalur 2 melayani baik kedatangan KA jarak jauh menuju Gambir, ataupun KRL Commuter Line tujuan Jakarta Kota. Sedangkan jalur 3 dan 4 justru tidak melayani pengguna jasa. Terdapat pita yang terpasang di tangga dan eskalator dari concourse utama Stasiun Jatinegara menuju jalur 3 dan 4. Meski demikian, saat Tim REDaksi berada di lokasi, jalur 3 masih berfungsi untuk melayani KA dari Gambir yang akan masuk jalur dwiganda. Sementara itu pelayanan jalur 1, 5, 6, 7, dan 8 berlangsung seperti biasa tanpa adanya perubahan.

Jalur 3 dan 4 JAtinegara
Akses jalur 3 dan 4 yang saat Tim REDaksi datangi tertutup oleh pita proyek | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Hal yang menarik dari pengoperasian jalur 2 Stasiun Jatinegara adalah keberadaan wesel yang tidak lurus di sisi barat. Wesel X yang berada di sisi barat ini justru lurus ke arah jalur dari Manggarai, sehingga kereta api yang berangkat dari jalur 2 kecepatannya terbatas 30 km/jam saja. Hal ini tampak pada sinyal keluar yang memiliki pembatas kecepatan angka 3 atau semboyan 9F.

KA Argo Parahyangan berjalan langsung di Stasiun Jatinegara, melewati wesel X | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Dengan ini maka seluruh jalur Stasiun Jatinegara telah beroperasi (kembali). Pembangunan jalur dwiganda secara keseluruhan saat ini banyak berada di segemen Cakung-Bekasi dan persiapan switch over di Stasiun Manggarai. Tim REDaksi belum mendapat informasi kapan Stasiun Manggarai akan switch over, mengingat sudah tampak ada pengerjaan alur baru rel untuk jalur 1 dan 2 Stasiun Manggarai. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: