Apa Kabar Eskalator dan Lift Stasiun Manggarai dan Jatinegara?

Eskalator Jatinegara
Eskalator Stasiun Jatinegara di jalur 5 dan 6 yang mati pada Jumat (15/4) | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 21/4 – Stasiun Jatinegara dan Manggarai tentu sudah tidak terelakkan lagi menjadi dua stasiun yang vital di KRL Commuter Line. Pasalnya kedua stasiun ini menjadi simpul transit dengan perpindahan antarperon yang ramai.

Dengan adanya pengurangan perlintasan sebidang demi keselamatan pengguna, penyeberangan antarperon kini berpindah ke lantai atas. Kedua stasiun ini sejatinya telah mengakomodir berbagai pengguna dengan adanya eskalator dan lift selain tangga  manual.

Tapi bagaimana jika fasilitas pendukung yakni tangga dan eskalator justru mati? Berikut hasil investigasi Tim REDaksi.

Stasiun Manggarai

Lift di Stasiun Manggarai yang sempat viral karena tidak berfungsi. Saat ini lift tersebut telah kembali berfungsi setelah mendapat perbaikan. | Foto: RED/Saddam Hasan Fauzan

Stasiun Manggarai sempat mendapat sorotan media karena viralnya salah satu utas Twitter pada Senin (11/4) lalu. Saat itu utas tersebut memprotes matinya lift di Stasiun Manggarai. Pengguna Twitter dengan nama akun @durenkalibata menge-tweet dengan nada protes lift Stasiun Manggarai yang mati. Bahkan dalam cuitannya yang kini sudah privat, ia menganggap Stasiun Manggarai lebih cocok jadi museum.

Cuitan
Cuitan @durenkalibata yang kini sudah tidak dapat diakses | Sumber: Twitter @durenkalibata

Keesokan harinya (12/4) pihak KAI pun memperbaiki lift dan eskalator di Stasiun Manggarai. Dalam keterangan ke Detik, perbaikan ini menunggu suku cadang dari pemasok. Proses perbaikan ini berlangsung pada eskalator jalur 6 dan 7 Stasiun Manggarai, serta keseluruhan lift yang berada di Stasiun Manggarai.

Tim REDaksi sendiri melakukan investigasi atas stasiun ini pada Jumat (14/4) dan Senin (18/4) kemarin. Dalam investigasi ini, tampak kondisi yang cukup mengherankan terjadi.

Eskalator menuju jalur 12 dan 13 Stasiun Manggarai pada Jumat (15/4) | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Meski kedua lift tampak beroperasi normal, tampak eskalator di peron 10-11 dan 12-13 hanya menyala sisi arah naik. Sementara eskalator arah turun mati. Di peron jalur 6-7, justru kedua arah eskalator tidak beroperasi sama sekali. Sedangkan di pintu masuk dan peron KA bandara, seluruh eskalator berfungsi normal.

Teknisi sedang memperbaiki eskalator di peron menuju jalur 6 dan 7, Selasa (19/4) | Foto: RED/Adnan Jarkasih

Pada hari Selasa (19/4), tampak teknisi sedang memperbaiki kembali eskalator yang berada di peron jalur 7. Teknisi kembali melakukan perbaikan usai keluhan yang banyak beredar di mana eskalator stasiun ini kembali mati. Esok paginya, tampak eskalator yang berada di peron ini sudah berfungsi kembali.

Sementara itu eskalator jalur 10 dan 11 sedang dalam perbaikan, sementara eskalator jalur 12 dan 13 masih belum beroperasi.

Proses perbaikan eskalator menuju jalur 10 dan 11 Stasiun Manggarai | Foto: RED/Adnan Jarkasih

Stasiun Jatinegara

Eskalator di peron jalur 7 dan 8 Stasiun Jatinegara yang tidak berfungsi | Foto: RED/Adnan Jarkasih

Di Stasiun Jatinegara, kondisi tampak lebih menyedihkan. Saat Tim REDaksi datangi pada Jumat (14/4), hanya eskalator naik di jalur 1 yang berfungsi normal. Untuk eskalator peron lain yakin peron jalur 5-6 dan 7-8 tampak mati. Sementara eskalator jalur 3-4 tampak mati, dengan akses ke jalur tersebut juga tampak terpasang pita proyek.

Eskalator jalur 1 Stasiun Jatinegara yang hanya berfungsi satu arah | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Sementara untuk lift di jalur 1 masih mati. Padahal menurut informasi yang Tim REDaksi terima, lift ini telah mati sejak beberapa bulan lalu. Bahkan pada Rabu (20/4), tampak lift di jalur 3 dan 4 juga ikut mati.

Lift menuju peron jalur 1 dan 2 yang telah mati sejak lama | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy
Lift menuju peron jalur 3 dan 4 yang tampak ikut mati | Foto: RED/Adnan Jarkasih

Saat Tim REDaksi datangi kembali pada Senin (18/4), keadaan masih sama saja, kecuali eskalator naik pada jalur 3-4 justru berjalan, meskipun akses menuju peron tersebut masih tertutup pita proyek. Keadaan tidak berubah pada Rabu (20/4) di mana peron jalur 3-4 tampak kembali melayani pengguna, tetapi eskalator yang berfungsi hanya eskalator naik.

Eskalator menuju peron jalur 3 dan 4 yang hanya sisi naiknya saja yang beroperasi | Foto: RED/Adnan Jarkasih

Matinya fasilitas pendukung di kedua stasiun ini tentu saja menghambat mobilitas terutama yang membawa barang banyak dan pengguna prioritas. Terlebih di Stasiun Jatinegara banyak pengguna KA jarak jauh yang banyak membawa barang bawaan, namun perbaikan fasilitas pendukung di stasiun ini masih belum terlaksana.

Tim REDaksi berharap agar pihak terkait dapat segera mengatasi masalah ini. Selain memperbaiki, semestinya fasilitas ini juga terjaga keawetannya. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: