Besok, KA Pangrango Resmi Beroperasi Kembali

pangrango beroperasi kembali
Rangkaian KA Pangrango saat mengujicoba jalur ganda baru Bogor Paledang-Cicurug, Minggu (3/4) | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin

REDigest.web.id, 9/4 – Sekian purnama menunggu, KA Pangrango yang melayani rute Bogor-Sukabumi akhirnya akan beroperasi kembali. KA Pangrango yang akan beroperasi kembali mulai besok (10/4) ini merupakan kelanjutan dari selesainya pengerjaan konstruksi jalur ganda ruas Bogor Paledang-Cicurug.

KAI menyiapkan enam jadwal KA Pangrango sesuai dengan Grafik Perjalanan KA (GAPEKA) 2021 dengan beberapa penyesuaian. Dari enam jadwal tersebut, masing-masing tiga jadwal berangkat dari Stasiun Bogor dan Stasiun Sukabumi pada pagi, siang menjelang sore, dan malam hari. Jadwal ini berkurang dari GAPEKA 2019 di mana saat itu terdapat dua belas jadwal KA Pangrango dengan masing-masing enam pemberangkatan dari Stasiun Bogor maupun Stasiun Sukabumi.

Jenis dan jumlah kereta pada rangkaian KA Pangrango juga mengalami perubahan. Sebelumnya, KA Pangrango membawa satu kereta eksekutif, satu kereta makan dan pembangkit kelas ekonomi, dan empat kereta ekonomi berkapasitas 106 tempat duduk. Kini, KA Pangrango membawa dua kereta eksekutif, satu kereta makan kelas eksekutif, empat kereta ekonomi berkapasitas 80 tempat duduk, dan satu kereta pembangkit.

Perubahan jenis kereta, penyesuaian tarif

Jadwal dan tarif KA Pangrango | Sumber: KAI

Dengan perubahan jenis kereta pada rangkaian KA Pangrango, maka tarif sekali jalan untuk KA Pangrango juga mengalami penyesuaian. KAI membanderol tarif kelas eksekutif sebesar 80 ribu rupiah. Sedangkan untuk kelas ekonomi, KAI membanderolnya sebesar 45 ribu rupiah. KAI menyediakan pilihan pemesanan tiket KA Pangrango melalui aplikasi KAI Access atau kanal lainnya. Terdapat pula pilihan untuk pembelian go-show tiga jam sebelum keberangkatan di loket stasiun.

Masih berlakunya protokol kesehatan pandemi COVID-19 mengharuskan penumpang untuk sudah melakukan vaksinasi minimal dosis pertama sebelum menaiki KA Pangrango. Penumpang berusia di bawah 6 tahun tidak wajib melakukan vaksinasi, namun harus didampingi oleh orang dewasa yang memenuhi syarat vaksinasi.

Penggunaan masker tiga lapis dan pengecekan suhu penumpang pun masih berlaku untuk menaiki KA Pangrango. Namun, penumpang tidak harus melakukan tes antigen untuk menaiki KA Pangrango. Ini karena KA Pangrango merupakan KA aglomerasi seperti halnya KA Joglosemarkerto, Kaligung, dan Kamandaka. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: