KRL Seri 203 Rangkaian BUD106 Beroperasi Kembali, KAI Commuter Revisi Desain Livery

BUD106 beroperasi kembali
KRL seri 203 rangkaian BUD106 saat hari pertama beroperasi kembali | Foto: Deni Andriansyah

REDigest.web.id, 10/4 – KRL seri 203 rangkaian BUD106 akhirnya beroperasi kembali. Rangkaian ini telah beroperasi kembali sejak Selasa (5/4) lalu. Sebelumnya, rangkaian ini menjalani perawatan 48 bulanan di Balai Yasa Manggarai sepanjang Maret 2022.

Rangkaian BUD106 beroperasi kembali sebagai KA 1075 relasi Depok-Jakarta Kota. Rangkaian ini melanjutkan perjalanan sebagai KA 1076 relasi Jakarta Kota-Bogor dan KA 1119 relasi Bogor-Depok. Setelahnya rangkaian ini bersiang di Depo KRL Depok.

Di hari berikutnya, rangkaian ini kembali melayani Lin Sentral seperti hari sebelumnya. Namun di tengah perjalanan, rangkaian ini bertukar dengan rangkaian lainnya untuk menjalani perbaikan. Rangkaian ini sempat melakukan uji coba ulang pada Kamis (7/4) lalu. BUD106 kemudian kembali beroperasi lagi pada Jumat (8/4).

KRL seri 203 rangkaian BUD106 dan KRL seri 8500 rangkaian 8610F di Stasiun Bogor, dua produksi perawatan bulanan KRL di Balai Yasa Manggarai di tahun 2020 dan 2022. Tampak desain livery rangkaian BUD106 telah direvisi oleh KAI Commuter. | Foto: Tri Bintang Setiawan

Saat perbaikan, KAI Commuter merevisi desain livery rangkaian BUD106. Revisi ini menyentuh bagian diagonal pada samping kabin masinis. Pada hari pertama pengoperasian kembali rangkaian ini, desain livery masih sama seperti ketika uji coba. Sebelumnya, desain livery pada bagian diagonal ini sempat menuai kritik dari kalangan pecinta kereta rel listrik.

Dalam revisi tersebut, garis putih yang berlebih dan menyebabkan bagian diagonal seperti bertumpuk dengan striping muka KRL telah dihapus. Meski demikian, bagian ujung bawah diagonal tetap melebihi bagian ujung bawah striping muka KRL seperti pada KRL seri 205.

Revisi ini baru terkonfirmasi pada Sabtu (9/4) lewat pecinta kereta rel listrik yang sedang berburu foto di lintas. Hingga tulisan ini terbit, rangkaian BUD106 masih beroperasi ke arah Bogor. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: