Kemenhub Kembali Selenggarakan Bus Mudik Gratis

Bus Pandawa
Bus Pandawa 87 “Sisingamangaraja” yang mengemban dinas sebagai bus mudik gratis 2019 dari BUMN | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Redigest.web.id, 6/4 – Setelah absen selama 2 tahun karena pandemi COVID-19, kini bus mudik gratis kembali diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan. Pada mudik gratis kali ini ditujukan untuk mengurangi masyarakat yang menggunakan sepeda motor pulang ke kampung halaman.

Melansir dari Bisnis.com Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi menjelaskan bahwa semula pemerintah tidak menyiapkan mudik gratis dalam anggarannya selama setahun ke depan, namun terdapat perubahan arahan dari Menteri untuk mengalihkan pemudik yang berpotensi tinggi memilih menggunakan sepeda motor.

Karena hal tersebut, Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat mempersiapkan 500 unit bus, serta truk angkutan untuk mengangkut sepeda motor dari DKI Jakarta ke beberapa kota tujuan pemudik. Di antaranya Garut, Tasikmalaya, Kuningan, Cirebon, Tegal, Pemalang, Semarang, Purwokerto, Cilacap, Purworejo, Yogyakarta, dan Solo.

Bus mudik
Salah satu armada bus mudik gratis memiliki tujuan ke berbagai kota para pemudik di pulau Jawa | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Budi memperkirakan, mudik gratis dari Kementerian Perhubungan akan membawa sebanyak 22.500 masyarakat. Bagi masyarakat yang berminat harus memenuhi syarat seperti vaksinasi dosis ketiga atau booster. Persyaratan-persyaratan ini sendiri saat ini telah ada pada Surat Edaran Kemenhub No. 41 Tahun 2022.

Kementerian Perhubungan juga merangkul sejumlah kementerian lainnya, serta lembaga dan perusahaan untuk turut berpartisipasi dalam acara mudik gratis ini, di antaranya Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Kementerian BUMN, dan perusahaan swasta. (RED/EPP)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: