Lokomotif CC203 Livery Tematik Angkutan Lebaran Bertandang ke Jakarta

Lokomotif CC2039802 dengan livery lebaran sedang melangsir rangkaian KA Singasari di Stasiun Tanah Abang | Foto: Tri Bintang Setiawan

REDigest.web.id, 5/5 – Seperti pada masa angkutan natal dan tahun baru (nataru), KAI juga mengoperasikan lokomotif CC203 dengan livery tematik angkutan lebaran. Lokomotif ini adalah lokomotif CC2039802 milik Depo Induk Jember.

Tampak lokomotif ini mengenakan wrapping stiker tematik lebaran sejak tanggal 27 April kemarin. Dinasan pertama lokomotif CC203 dengan livery tematik lebaran ini adalah sebagai KA Probowangi. Dalam penerapan wrapping ini, terdapat perbedaan antara CC2039802 dengan CC2039812 yang notabene sesama milik Jember yang dulu mendapat livery tematik nataru.

Lokomotif CC2039802
Lokomotif CC2039802 melintas Stasiun Angke menuju Stasiun Pasar Senen | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Pertama, wrapping stiker lebaran ini lengkap menutupi maskara dan bagian ujung samping kabin secara lengkap seperti CC2039813 milik Depo Induk Sidotopo dahulu. Akan tetapi, tidak seperti kedua unit lokomotif yang dahulu mendapat livery tematik nataru, sisi ujung panjang (long hood) lokomotif ini polos tanpa branding.

Lokomotif CC2039802 saat menarik KA Probowangi | Foto: Sahid Winarno

Setelah beberapa hari berdinas di wilayah Jawa Timur dan Jawa bagian tengah, pada Selasa (3/5) lalu lokomotif ini bertandang menuju Jakarta menggunakan KA Senja Utama Yogyakarta menuju Pasar Senen. Sebelumnya, lokomotif ini dari Ketapang berdinas sebagai KA Mutiara Timur dengan relasi Ketapang-Yogyakarta terlebih dahulu.

Lokomotif CC2039802 menarik KA Mutiara Timur dari Ketapang menuju Yogyakarta | Foto: Sahid Winarno

Setibanya di Jakarta, lokomotif ini beristirahat seharian penuh sebelum berdinas sebagai KA Singasari dengan relasi Pasar Senen-Blitar. Tampak sejumlah pecinta kereta api yang memotret lokomotif ini saat berdinas membawa rangkaian KA Singasari di Stasiun Tanah Abang dan Angke.

Sisi lain dari lokomotif CC2039802 saat melintas Angke | Foto: Hanzell Adriel

Hingga saat artikel ini terbit, belum ada lagi informasi lokomotif ini akan kembali berdinas sebagai KA apa. Juga belum ada informasi apakah nantinya ada penambahan jumlah lokomotif CC203 seperti pada musim nataru lalu ataupun tidak. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: