Sambut Idulfitri di Malaysia, KTM Berhad Jalankan Ekspres Keluarga Malaysia

Peluncuran Ekspres Keluarga Malaysia | Foto: KTM Berhad

REDigest.web.id, 4/5 Sebagaimana layaknya Indonesia, Malaysia juga mengenal tradisi mudik dengan nama Balik Kampung. Serupa juga dengan Indonesia, aktivitas mudik ini adalah yang pertama kali setelah hiatus sejak 2020 silam.

Dalam menyambut mudik tahun 2022 ini, KTM Berhad meluncurkan kereta api spesial bernama Ekspres Keluarga Malaysia. Kereta api ini beroperasi melayani relasi KL Sentral di Kuala Lumpur hingga Tumpat.

Peluncuran kereta api ini berlangsung pada 29 April silam. Hadir dalam peluncuran KA ini Ketua Setiausaha Kementerian Pengangkutan Malaysia Datuk Isham Ishak dan Ketua Pegawai Eksekutif Kumpulan Mohd Rani Hisham Samsudin. Mereka secara simbolis mengibarkan bendera dalam rangka melepas keberangkatan KA ekspres ini.

KA ini memiliki sebanyak 15 kereta yang terdiri atas kereta duduk, kereta duduk premier dan superior, kereta tidur, kereta buffet, dan kereta chillax. Lokomotif yang menarik kereta ini sendiri adalah lokomotif kelas 25 milik KTM Berhad.

Lokomotif kelas 25 sendiri merupakan lokomotif dengan jenis EMD GT18LC2. Dengan mesin EMD-8-645E 3C, lokomotif ini menghasilkan 1.500 tenaga kuda dan memiliki kecepatan maksimal 107 km/jam.

Kereta api Ekspres Keluarga ini mengangkut sebanyak 696 orang dalam perjalanannya. Perjalanan dari KL Sentral ke Tumpat ini melayani 17 stasiun, dan memiliki jadwal pemberangkatan 23.00 dari KL Sentral dan kedatangan 03.55 di Tumpat.

Nantinya dalam menyambut arus balik, KTMB akan kembali mengoperasikan KA Ekspres Keluarga Malaysia dari Tumpat pada 7 Mei mendatang. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: