Kereta Cepat TGV Lakukan Tur Pameran di Republik Ceko

Armada pameran TGV keliling Republik Ceko | Foto: Administrasi Kereta Api Ceko (Sprava Zelenic)

REDigest.web.id, 6/6 – Kereta cepat legendaris dari tanah Perancis, TGV melakukan tur keliling di Republik Ceko. Tur pameran ini tengah berlangsung dengan berkeliling di sejumlah stasiun di Republik Ceko.

Melansir dari situs resmi Administrasi Kereta Api Ceko (Sprava Zelenic), unit pameran ini merupakan TGV Paris Sud-Est (TGV PSE) dengan livery seperti saat pertama kali beroperasi di rute Paris-Lyon tahun 1981 silam. Rangkaian ini merupakan unit TGV 16 (Lyon) yang pensiun dari layanan reguler pada 2018 silam setelah menempuh jarak 13.383.189 km. Armada TGV PSE sendiri telah pensiun dari layanan reguler SNCF pada tahun 2020 silam.

Meski telah pensiun dari layanan reguler, armada ini masih aktif untuk melakukan tur pameran. Armada ini telah mendapat modernisasi dan memiliki teknologi komunikasi terkini. Rangkaian TGV 16 sendiri terdiri atas 10 kereta, yakni 2 power car dan 8 kereta pengikut yang terdiri dari kereta penumpang, bistro, dan kereta bar. Terdapat 238 kursi kelas dua dan 104 kursi kelas satu pada rangkaian ini.

Tur ini sendiri telah berlangsung dari Minggu (5/6) kemarin dan akan berlangsung hingga Jumat (11/6) mendatang. Pada hari Minggu, rangkaian ini masuk Republik Ceko dan berjalan hingga Praha. Rangkaian ini berjalan lagi pada hari Senin dari Praha hingga Brno dan berdiam di situ hingga Kamis (9/5).

Selanjutnya rangkaian akan bergerak lagi ke arah Jihlava dan berdiam dari siang hingga sore hari, untuk kemudian kembali bergerak ke Stasiun Usti Nad Labem. Di setiap stasiun, pengunjung dapat masuk dan langsung merasakan fasilitas TGV ini. Juga tersedia di lokasi tempat informasi untuk persiapan lintas kereta cepat di Republik Ceko. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: