Oktober 2022, Jalur KA Trans Sulawesi Mulai Beroperasi

Rangkaian KAIS buatan INKA di Sulawesi Selatan saat stabling di kawasan Barru | Foto: Online24jam.com

REDigest.web.id, 3/6 – Setelah terakhir terdengar kabarnya beberapa waktu lalu, kabar baik mulai muncul di proyek Jalur KA Trans Sulawesi. Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (DJKA Kemenhub) akan mulai mengoperasikan Jalur KA Makassar-Parepare mulai Oktober 2022 mendatang. DJKA menyampaikan hal tersebut melalui rilis resmi di fanpage Facebook DJKA.

Nantinya jalur yang akan beroperasi adalah jalur tahap 1 dari Maros hingga Barru sejauh 71 km. Dari 12 stasiun yang direncanakan akan dibangun, ada 8 stasiun yang nantinya akan beroperasi melayani KA perintis. Di antaranya adalah Stasiun Maros, Stasiun Ramang Ramang. Selanjutnya Stasiun Pangkajene, Stasiun Bungoro, Stasiun Lebakkang, Stasiun Ma’rang, Stasiun Mandalle, Stasiun Tanete Rilau, dan Stasiun Barru, serta jalur cabang menuju Pelabuhan Garongkong.

Selain untuk angkutan penumpang perintis, nantinya jalur KA Trans Sulawesi juga akan beroperasi untuk layanan angkutan barang dari Pelabuhan Garongkong hingga Maros. Dari timeline yang DJKA rilis, pada bulan Juni ini nantinya akan dilakukan penandatanganan kontrak subsidi operasional KA perintis Sulawesi sebelum dilakukan safety assessment, sertifikasi, dan uji coba operasi pada September hingga pengoperasian pada Oktober.

Meski demikian, masih belum diketahui sarana kereta yang akan digunakan untuk layanan KA Perintis Maros – Barru. Begitu pula sarana lokomotif yang akan digunakan untuk layanan KA Barang di lintas ini masih belum ada informasi. (RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: