Juragan 99 Rilis Double Decker Untuk Bus AKAP

Bus juragan 99
Bus Juragan 99 bodi Jetbus3+ SDD yang rilis dari Karoseri Adiputro | Foto: Aufa Ijlal Alifo.

REDigest.web.id, 12/7 – Satu lagi pemain baru bus malam antar kota antar provinsi (AKAP) yang akan meramaikan jalur Malang-Jakarta PP. Ialah Juragan 99, perusahaan otobus (PO) asal Malang yang sebelumnya berkecimpung sebagai bus pariwisata dan sempat juga mengoperasikan bus kafe dan bus antar jemput karyawan (AJK). Kini Juragan 99 juga akan mengoperasikan bus double decker untuk bus AKAP.

Kabar Juragan 99 merambah ke bus AKAP bukan sesuatu yang baru. Mengutip dari GridOto pada awal 2021 silam, owner Juragan 99 Gilang Widya Pramana mengatakan bahwa dirinya mulai mencoba dunia bus AKAP diiringi dengan fasilitas yang bagus.

Bus Juragan 99
Salah satu bus pariwisata dari Juragan 99. Selain itu Juragan 99 sempat mengoperasikan bus kafe dan bus antar jemput karyawan. | foto: RED/Enrico Perdana Putra.

Masih di tahun yang sama pada bulan Oktober terdapat bocoran konsep Jetbus3+ SDD yang digadang-gadang merupakan unit yang digunakan oleh Juragan 99 sebagai bus AKAP, kini kabar tersebut kembali menguat berkat postingan feed Instagram Juragan 99.

Dan pada Senin (11/6) Juragan 99 rilis unit Jetbus3+ SDD dari Karoseri Adiputro yang akan digunakan sebagai bus AKAP. Unit tersebut menggunakan sasis Scania K410iB yang dilengkapi dengan transmisi Opticruise dan suspensi udara.

Bus Juragan 99
Bagian sisi samping-belakang Jetbus3+ SDD dari PO Juragan 99. | foto: Aufa Ijlal Alifo.

Unit Jetbus3+ SDD ini memiliki beberapa keunikan, diantaranya dek atas yang memiliki 2 kelas berbeda yaitu Sleeper Seat sebanyak 3 tempat tidur pada bagian depan dan Social Distancing Seat sebanyak 18 tempat duduk pada bagian tengah hingga belakang. Setiap kursi dilengkapi dengan Audio Video On Demand dan meja lipat yang dapat dipergunakan untuk makan atau meletakkan barang.

Kemudian dek bawah pada bus ini berbeda dari bus tingkat kebanyakan. Pada bus-bus lain umumnya dek bawah terdiri dari ruang penumpang dan toilet, namun pada bus double decker versi Juragan 99 hanya terdiri dari coffee maker, ruang merokok, toilet dan ruang istirahat kru saja. Hal ini dikarenakan sebagian daripada dek bawah terdapat bagasi ekstra besar dan tinggi yang letaknya berada di belakang ruang merokok.

Selain Jetbus3+ SDD, Juragan 99 juga merilis unit lainnya yaitu Jetbus3+ HD singleglass dengan sasis Mercedes Benz OH 1626 NG yang dilengkapi dengan suspensi udara. Pada unit Jetbus3+ HD ini memiliki kelengkapan Sleeper Seat dengan kapasitas 11 tempat tidur. Unit ini nantinya juga akan bertugas sebagai bus AKAP menemani unit Jetbus3+ SDD. (RED/EPP)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: