Berita KAIndonesiaKereta Api

KAI Jalankan Rangkaian KLB Kirim Kereta Konservasi ke Balai Yasa Manggarai

KLB kirim rangkaian konservasi
KLB kirim rangkaian konservasi melintasi jalur dwiganda di bilangan Cipinang, Sabtu (23/7) | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 24/7 – Pada Sabtu (23/7) kemarin, KAI menjalankan KLB (kereta luar biasa) kereta konservasi ke Balai Yasa Manggarai. Kereta konservasi ini merupakan unit kereta kelas ekonomi Kemenhub dan kelas bisnis yang sebelumnya mendapat konservasi sementara.

Berdasarkan pantauan Tim REDaksi dari lapangan dan media sosial, KLB kirim rangkaian konservasi ini berangkat dari Kutoarjo sekitar menjelang pukul 6 pagi. Dari Kutoarjo, rangkaian ini berangkat membawa kereta kelas bisnis. Di Purwokerto, tampak dari video salah satu YouTuber Elkana Paskah Nugraha rangkaian ini melakukan langsir untuk penambahan kereta kelas ekonomi Kemenhub terlebih dahulu.

Setelah langsir dan penambahan kereta, KLB kirim rangkaian kereta konservasi ini berangkat pada pukul 07.59 dari Stasiun Purwokerto. Stamformasi final rangkaian konservasi ini cukup panjang. Terdapat 12 kereta yang terdiri dari 7 kereta kelas bisnis, 2 kereta kelas ekonomi 64 tempat duduk, 1 kereta kelas ekonomi 80 tempat duduk, dan 2 kereta makan+pembangkit.

KLB kirim rangkaian konservasi saat tiba di Stasiun Manggarai | Foto: Bathara Sakti

KLB kirim rangkaian ini pun melintas bilangan Cipinang sekitar pukul 14.55 dan tiba di Stasiun Manggarai tidak lama kemudian. Sampai di Stasiun Manggarai, kereta konservasi ini akan mendapat perawatan terlebih dahulu sebelum dapat kembali beroperasi. Belum ada informasi untuk KA apakah kereta (eks) konservasi ini nantinya setelah selesai perawatan. (RED/IHF)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×