Stasiun Serpong Siap Layani KRL SF12

serpong siap sf12
KRL seri 205 rangkaian BOO144 formasi 10 kereta memasuki Stasiun Serpong | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 25/7 – Stasiun Serpong (R08) di Lin Rangkasbitung kini sudah siap melayani KRL stamformasi (SF) 12 kereta. Pemanjangan peron di semua jalur di Stasiun Serpong untuk KRL SF12 kini sudah selesai dan telah siap beroperasi.

Sebelum melakukan pemanjangan peron, Grup KAI terlebih dahulu memanjangkan jalur 1 dan 2 Stasiun Serpong agar memadai dan siap melayani KRL SF12. Pemanjangan jalur 1 dan 2 Stasiun Serpong ini selesai 18 Februari 2022 lalu, walaupun sempat membuat perjalanan KRL Lin Rangkasbitung terkendala.

Jalur 1, 2, 3, dan 4 dengan peron dan atap yang telah mendapat pemanjangan untuk mengakomodasi KRL SF12 | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Selain pemanjangan peron, Grup KAI juga membangun atap peron di bagian peron yang telah bertambah panjang. Atap peron ini akan melindungi penumpang yang menunggu atau naik dan turun KRL dari panas dan hujan.

Selain Stasiun Serpong, Stasiun Rangkasbitung juga tengah bersolek untuk melayani KRL SF12. Saat ini pekerjaan jalur di Stasiun Rangkasbitung tengah berlangsung. Sedangkan Pemerintah Kabupaten Bogor akan membangun flyover di perlintasan Stasiun Tenjo yang dapat membantu pemanjangan peron dan renovasi di stasiun tersebut.

Sementara itu, belum ada informasi mengenai pemanjangan peron di Stasiun Kebayoran dan Cisauk. Hingga saat ini, belum ada tanda-tanda pemanjangan peron di kedua stasiun tersebut.

Sudah siap layani, segera uji coba KRL SF12 ke Lin Rangkasbitung?

Tampak jalur 1 yang telah bertambah panjang dengan posisi sinyal dan ujung peron telah bergeser | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Belum ada informasi juga mengenai uji coba KRL SF12 ke Lin Rangkasbitung. Uji coba KRL SF12 di Lin Rangkasbitung perlu berlangsung untuk mengetahui kemampuan gardu traksi dan mengukur batas berhenti KRL SF12 di lin ini.

Sebelumnya, Lin Rangkasbitung hanya mengoperasikan 22 rangkaian KRL SF10 yang keseluruhannya menggunakan KRL seri 203 maupun KRL seri 205. Sehingga praktis KRL SF12 belum pernah beroperasi di lin ini. Sebelumnya, KRL seri 6000 juga sedang tidak beroperasi di lin ini. Meski demikian, dapat saja KRL ini akan beroperasi di lin ini di masa depan.

Namun, saat ini masih banyak rangkaian KRL milik KAI Commuter yang sedang tidak beroperasi menunggu perbaikan maupun mengalami pemotongan formasi sementara dari SF12 dan SF10 menjadi SF8. Hal ini dapat menjadi kendala dalam rencana mengoperasikan KRL SF12 di Lin Rangkasbitung. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

One thought on “Stasiun Serpong Siap Layani KRL SF12

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: