Lokomotif Listrik Bonbon dan Kereta Djoko Kendil Sukseskan Acara Kemerdekaan Republik Indonesia

Bonbon dan Djoko Kendil di Jakarta Kota
Lokomotif Bonbon dan rangkaian Djoko Kendil di Stasiun Jakarta Kota | Foto: RED/Gilang Fadhli

REDigest.web.id, 18/8 – Acara KLB kemerdekaan bersama lokomotif listrik Bonbon dan rangkaian kereta Djoko Kendil telah terlaksana dengan sukses. Perjalanan kereta luar biasa dengan rute Jakarta Kota-Tanjung Priok pp dengan tajuk “Kereta Bersejarah Menyapa” ini berlangsung dengan sukses dan meriah.

Berdasarkan dari pantauan rekan Tim REDaksi, aktivitas di Stasiun Jakarta Kota sudah mulai ramai dari sekitar pukul 9 pagi. Banyak pecinta kereta api yang mulai memotret rangkaian ini saat masih terparkir di Stasiun Jakarta Kota. Sekitar pukul 10 pagi, rangkaian ini mulai langsir dari jalur 6 menuju jalur 7 yang biasa melayani KRL Tanjung Priok. Akibatnya, jalur 8 pun terisi dengan rangkaian KRL yang biasa melayani Tanjung Priok, sehingga jalur untuk KRL Bogor berkurang menjadi hanya jalur 9, 10, dan 11.

KRL seri 05 rangkaian 05-110F bersama lokomotif Bonbon
KRL seri 05 rangkaian 05-110F bersama lokomotif Bonbon di Stasiun Jakarta Kota | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Tim REDaksi tiba di Stasiun Jakarta Kota sekitar pukul 10.10 pagi. Saat itu tampak aktivitas pecinta kereta api telah sangat ramai di Stasiun Jakarta Kota. Ada yang berfoto ria dengan lokomotif Bonbon, ada juga yang memotret lokomotif ini. Tim REDaksi sendiri mengambil posisi pemotretan di peron jalur 8 dan peron jalur 7. Sekitar pukul 10.20, Tim REDaksi pun berpindah dari Stasiun Jakarta Kota ke Stasiun Kampung Bandan.

Panggung acara "Kereta Bersejarah Menyapa"
Panggung acara dengan tajuk “Kereta Bersejarah Menyapa” | Foto: Dhiya Fakhar Nafi

Sementara itu, tampak tempat seremoni di Stasiun Jakarta Kota masih kosong hingga sekitar pukul 11 pagi. Upacara seremoni ini baru mulai berlangsung dari pukul 11.20 siang, dengan pemberangkatan rangkaian ini berlangsung sekitar pukul 11.50 siang. Tepat pada saat itu juga rangkaian lokomotif Bonbon dan kereta Djoko Kendil ini pun berangkat dari Stasiun Jakarta Kota menuju Stasiun Tanjung Priok.

 

Bonbon dan Djoko Kendil melintas Stasiun Kampung Bandan
Rangkaian Bonbon dan Djoko Kendil melintas Stasiun Kampung Bandan | Foto: RED/Gilang Fadhli

Acara di Tanjung Priok dan Kepulangan ke Manggarai

lokomotif Bonbon dan kereta Djoko Kendil saat di Stasiun Tanjung Priok
Rangkaian lokomotif Bonbon dan kereta Djoko Kendil saat di Stasiun Tanjung Priok | Foto: RED/Adrian Falah Diratama

Tiba di Stasiun Tanjung Priok, rangkaian lokomotif listrik Bonbon dan kereta Djoko Kendil masuk ke jalur 4. Rangkaian ini pun mengalami proses langsir yang bermula dengan penarikan mundur rangkaian kereta Djoko Kendil dengan lokomotif CC2039804. Setelah selesai berpindah ke jalur 3, lokomotif Bonbon ini pun bergerak ke jalur 3 untuk kemudian berpindah posisi.

Proses langsiran rangkaian Djoko Kendil di Stasiun Tanjung Priok
Proses langsiran rangkaian Djoko Kendil di Stasiun Tanjung Priok | Foto: Farrell

Di Stasiun Tanjung Priok, terdapat sejumlah acara seperti pembagian hadiah lomba, sambutan direksi, dan acara makan siang. Tampak juga banyak para pecinta kereta api yang berfoto bersama dengan sang lokomotif legendaris ini.

Sesi foto bersama di Stasiun Tanjung Priok
Sesi foto bersama di Stasiun Tanjung Priok | Foto: RED/Tubagus Gemilang Pratama

Pada pukul 13.31, rangkaian lokomotif listrik Bonbon dan kereta Djoko Kendil ini kembali berangkat menuju Stasiun Jakarta Kota. Rangkaian ini tiba di Stasiun Jakarta Kota pukul 13.49. Di Stasiun Jakarta Kota, lokomotif ini menanti cukup lama untuk berjalan kembali ke Stasiun Manggarai. Tampak banyak pecinta kereta api yang kemudian kembali melakukan aktivitas foto bersama.

Tiba di Stasiun Jakarta Kota
Tiba di Stasiun Jakarta Kota | Foto: RED/Adrian Falah Diratama

Pada pukul 15.40, rangkaian ini pun berangkat dari Stasiun Jakarta Kota menuju Stasiun Manggarai melewati Stasiun Pasar Senen dan Jatinegara. Rangkaian ini pun akhirnya tiba di Stasiun Manggarai pada pukul 17.14, dan tidak lama kemudian mulai melakukan proses langsir ke dalam Balai Yasa Manggarai.

Langsiran lokomotif Bonbon masuk Balai Yasa Manggarai
Langsiran lokomotif Bonbon masuk Balai Yasa Manggarai | Foto: RED/Bayu Tri Sulistyo

Momen perjalanan kereta luar biasa dengan lokomotif listrik Bonbon ini pun berakhir sudah. Akankah momen serupa akan kembali berlangsung di masa mendatang? Mari kita tunggu saja. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Lokomotif Listrik Bonbon dan Kereta Djoko Kendil Sukseskan Acara Kemerdekaan Republik Indonesia

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: