Akhiri Petualangan, KRL Seri 205 Rangkaian SLO9 Pulang ke Jakarta

Kirim rangkaian SLO9
KLB kirim rangkaian SLO9 di sekitar Semarang | Foto: Kurio6938, Twitter

REDigest.web.id, 21/9 – Selang seminggu setelah kepulangan KRL seri 205 rangkaian SLO32 dari Yogyakarta, kini rangkaian SLO9 pun menyusul.  Pengiriman rangkaian SLO9 berlangsung sejak Rabu (21/9) dini hari tadi.

Berdasarkan pantauan lapangan, lokomotif yang menarik rangkaian KRL ini adalah CC2039801 milik Depo Induk Purwokerto. Sama seperti pengiriman rangkaian SLO32, KAI Commuter melepas sejumlah komponen yang berpotensi menabrak prasarana di perjalanan. Komponen yang KAI Commuter lepas adalah di antaranya AC, cow catcher, dan tangga.

Rangkaian SLO9 di Solo Balapan sebelum pengiriman. Tampak sejumlah komponen yang telah KAI Commuter lepas. | Foto: Angin Elandajagat

Tujuan pelepasan komponen ini juga sama, yakni untuk mencegah terjadinya benturan komponen yang tidak sesuai ruang bebas. Terlebih rangkaian SLO9 ini memang rangkaian yang dahulu terlibat dalam insiden gasruk di Kalioso dan Kadipiro. Saat itu, komponen AC rangkaian KRL ini menghajar jembatan di Kalioso, sedang komponen bawah kolongnya memarut peron di Kadipiro.

Dari foto, tampak terdapat empat kereta berfungsi sebagai bandul untuk membantu pengereman. Berdasarkan pantauan lapangan dari rekan Tim REDaksi, KLB kirim rangkaian ini pada pukul 10.00 telah melintas Stasiun Surodadi. Sedang sekitar pukul 14.00 KLB kirim rangkaian ini berangkat dari Stasiun Babakan. Pada pukul 14.30, berdasarkan pantauan dari salah satu Youtuber, Dimas P Nugraha, KLB ini melintas petak Stasiun Cirebon-Cirebon Prujakan. KLB ini berangkat sekitar pukul 15.00 dari Stasiun Cirebon menuju Jakarta.

KLB kirim rangkaian SLO9 melintas Stasiun Jatinegara | Foto: RED/Gilang Fadhli

Berita ini masih berkembang dan akan Tim REDaksi perbarui. Siapkah berburu? (RED/IHF)

Perbaruan 22.07: Pukul 21.16, tampak KLB kirim rangkaian ini melintas di Jatinegara menuju Depo Depok.

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: