Berita KAIndonesiaKAIKereta Api

Jalur Dwiganda Petak Cakung-Bekasi akan Mulai Beroperasi

KA angkutan petikemas melintas langsung Stasiun Cakung di sepur hulu Jalur Dwiganda | Foto: RED/Bayu Tri Sulistyo

REDigest.web.id, 16/12 – Setelah bertahun-tahun lamanya, akhirnya jalur dwiganda petak Cakung – Bekasi akan segera beroperasi. Ditjen Perkeretaapian Kemenhub akan melakukan switch over pada Jumat (16/12) malam hingga Sabtu (17/12) pada jalur dwiganda di Stasiun Bekasi dan Cakung.

Switch over dilakukan setelah pembangunan Stasiun Bekasi dan pembangunan jalur dwiganda yang terpotong di petak antara Kranji dan Bekasi selesai dilakukan. Jadi nantinya KA jarak jauh yang melintasi jalur dwiganda tak lagi berbelok masuk jalur lama di Cakung melainkan langsung menuju Bekasi.

Ditjen Perkeretaapian Kemenhub bersama KAI telah menutup sejumlah perlintasan liar di sepanjang petak Cakung – Bekasi untuk memperlancar perjalanan serta meningkatkan batas kecepatan KA jarak jauh di jalur dwiganda. Selain itu, guna memperlancar switchover KAI Commuter melakukan rekayasa operasional pada 6 perjalanan Commuter Line lin Cikarang terakhir di hari Jumat.

Sebelumnya pada September lalu, Ditjen Perkeretaapian Kemenhub dan KAI melakukan uji coba pada jalur dwiganda petak Cakung – Bekasi. Uji coba dilakukan menggunakan lokomotif CC2017706 yang menarik 3 unit kereta kelas ekonomi.

Saat itu uji coba hanya dilakukan dari Stasiun Bekasi hingga percabangan Cakung karena jalur dwiganda petak Bekasi – Cakung masih belum tersambung dengan jalur dwiganda Jatinegara – Cakung. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


One thought on “Jalur Dwiganda Petak Cakung-Bekasi akan Mulai Beroperasi

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×