KAI Resmikan Layanan “Hype Trip” Bersama KA Taksaka

Taksaka "Hype Trip"
KA Taksaka lengkap dengan branding “Hype Trip” | Foto: Tri Bintang Setiawan

REDigest.web.id, 24/9 – Setelah meluncurkan teaser layanan “Hype Trip” dengan tagline “Something Hype is Coming”, pada Jumat (23/9) ini KAI secara resmi meluncurkan layanan baru ini. Sesuai dengan dugaan sebelumnya, KA yang mendapat layanan ini adalah KA Taksaka yang menjadi KA unggulan relasi Yogyakarta-Gambir pp. Perjalanan yang mendapat kehormatan ini adalah KA 81 Taksaka Pagi relasi Yogyakarta-Gambir.

Melansir dari situs web KAI, peluncuran konsep layanan “Hype Trip” ini merupakan langkah dalam menyambut ulang tahun KAI yang ke-77. Menurut Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo selama Januari sampai Juni 2022 58% pengguna KA Taksaka merupakan kalangan dari Gen Y dan Z, dengan usia 12-41 tahun. Selain itu, KA Taksaka merupakan penghubung pusat ekonomi dan pendidikan.

Permainan board game yang KAI sediakan | Foto: KAI

Dalam mengusung konsep “Hype Trip” ini, KAI menyediakan menu makanan dan minuman serta sejumlah layanan baru. Menu makanan dan baru di antaranya adalah Es Kopi Susu Gula Aren, Thai Tea, Spaghetti, Chicken Katsu & Kentang Goreng, Indomie Goreng Chicken Katsu Sambal Geprek, dan menu lainnya. Sementara untuk layanan baru tersedia board game seperti flash card, jenga block, UNO Card, dan ular tangga.

Tidak hanya itu, juga tersedia entertainment on board dengan menggunakan jaringan wi-fi. Layanan entertainment on board ini menyediakan sejumlah konten hiburan yang pengguna dapat akses dengan perangkat mereka. Menurut salah satu kiriman di media sosial, pengguna dapat mengakses dengan memilih jaringan wi-fi “#KITANONTON” di atas KA.

Branding dan Seragam Baru

Detail branding pada salah satu kereta dari Taksaka | Foto: Tri Bintang Setiawan

Selain perbaruan konsep pelayanan, KAI juga memperkenalkan branding eksterior dan seragam baru untuk para kru. Branding pada eksterior KA ini tampak menggunakan kombinasi warna biru, kuning, dan merah muda. Sedangkan untuk seragam, petugas kondektur yang awalnya mengenakan jas kini mengenakan rompi. Adapun petugas prama dan prami masing-masing mengenakan mengenakan topi atau syal, serta jaket bomber.

Lokomotif CC2061362 dan branding “Hype Trip” | Foto: Tri Bintang Setiawan

Tidak hanya di kereta, branding ini juga KAI terapkan ke lokomotif penarik KA 81 ini. Adalah CC2061362, lokomotif asuhan Depo Induk Yogyakarta yang mendapat branding ini. Tampak di tengah lokomotif adalah tagline “Hype Trip” yang KAI usung untuk perjalanan ini.

Menurut KAI, pemilihan desain ini memang sengaja agar bergaya milenial. Salah satu hal yang sempat menarik perhatian pecinta kereta api adalah penempatan stiker warna pink di barisan single seat. Sayangnya, belum ada laporan langsung yang Tim REDaksi terima apakah stiker ini semakin menghalangi barisan tersebut atau tidak. Mengingat barisan kursi ini sendiri kaca jendelanya menggunakan kaca film gelap karena tidak memungkinkan untuk pemasangan korden akibat adanya jendela darurat.

Akankah KAI memperluas penerapan layanan “Hype Trip”, atau mencoba bentuk inovasi lain di kemudian hari? Mari kita lihat saja nanti. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: