Serunya Gelaran Open House ala Balai Yasa Yogyakarta

Open House Balai Yasa Yogyakarta
Tur di dalam workshop Balai Yasa Yogyakarta yang merupakan atraksi utama dari open house ini | Foto: RED/Tubagus Gemilang Pratama

REDigest.web.id, Dalam rangka menyambut ulang tahun ke-77 PT Kereta Api Indonesia (persero) di bulan September ini, 3 balai yasa yang ada di pulau Jawa. Ketiganya adalah Balai Yasa Manggarai, Balai Yasa Yogyakarta, dan Balai Yasa Surabaya Gubeng yang menggelar acara Open House Balai Yasa dengan tujuan khalayak umum.

Balai Yasa Yogyakarta yang merupakan tempat perawatan besar lokomotif dan KRD di Pulau Jawa, menyelenggarakan open house pada tanggal 23-25 September 2022. Waktu kunjungan sendiri KAI atur menjadi pukul 13.30 – 16.00 pada tanggal 23, dan pukul 09.00 – 14.00 pada tanggal 24-25. Sementara untuk kapasitas pengunjung terbatas sebanyak 1000 pengunjung per hari dan bagi pengunjung harus untuk melakukan registrasi terlebih dahulu melalui link yang disediakan. KAI tidak menarik biaya atas keseluruhan acara ini, atau dengan kata lain gratis.

Para pengunjung yang antusias mengantre di pintu Balai Yasa Yogyakarta meski belum buka | Foto: RED/Tubagus Gemilang Pratama

Kesempatan yang cukup langka ini tentu dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat umum dan para pecinta kereta api. Pada hari Sabtu, 24 September terpantau beberapa pengunjung dengan sangat antusias datang sejak pukul 8 pagi meskipun acara baru dimulai pada pukul 9. Pihak Balai Yasa Yogyakarta akhirnya mempersilakan pengunjung masuk pada pukul 8.45 karena jumlah pengunjung yang menunggu di depan gerbang balai yasa sudah semakin padat. Pihak balai yasa juga menyediakan area parkir kendaraan roda dua dan roda empat di lingkungan balai yasa.

Masuk Open House dan Keliling Workshop

Rangkaian Kereta Inspeksi 3 dengan warna barunya | Foto: RED/Tubagus Gemilang Pratama

Di pintu masuk, pengunjung ditandai dengan gelang yang dikenakan di tangan kanan. Selain itu pengunjung juga mendapatkan 1 tiket untuk tour di dalam workshop dan 1 tiket untuk naik kereta feeder. Setelahnya, pengunjung langsung menuju ke halaman utama Balai Yasa Yogyakarta yang luas dan asri. Di area terbuka ini, 1 unit lokomotif livery vintage CC201, yakni CC2019201 dan 1 rangkaian Kereta Inspeksi 3 juga terparkir dengan rapi.

Para pengunjung berdiri di atas lokomotif CC2029201 | Foto: RED/Tubagus Gemilang Pratama

Pengunjung dapat merasakan duduk di dalam kabin lokomotif CC201 vintage dan juga mengeksplor kemewahan Kereta Inspeksi 3. Tidak ketinggalan, di beberapa titik termasuk di depan lokomotif vintage juga sudah tersedia photo booth untuk pengunjung berfoto ria.

Kemewahan Kereta Inspeksi 3 | Foto: RED/Tubagus Gemilang Pratama

Setelah puas menikmati dan menjelajah halaman utama, pengunjung dapat mengantre di depan pintu workshop untuk menunggu giliran tour berkeliling workshop. Setiap kloter tour dibatasi sebanyak 40 orang dan pengunjung diharuskan memakai helm APD yang disediakan selama berada di dalam workshop. Tour dipandu oleh seorang pegawai balai yasa yang bertugas menjelaskan setiap bagian di dalam workshop.

Petugas sedang menjelaskan kepada seorang anak dan ibunya tentang peralatan di workshop | Foto: RED/Tubagus Gemilang Pratama
Beberapa komponen yang KAI pajang di workshop Balai Yasa Yogyakarta | Foto: RED/Tubagus Gemilang Pratama

Berbagai peralatan kerja dan komponen lokomotif/KRD dipajang dengan apik lengkap beserta keterangan namanya. Terdapat pula teknisi balai yasa yang berjaga di beberapa titik untuk menjelaskan fungsi setiap peralatan dan komponen mesin di dekatnya. Mereka dengan sangat informatif merespon setiap pertanyaan dari pengunjung dan juga dengan aktif mendemonstrasikan cara kerja peralatan tertentu. Selain peralatan dan komponen, tampak pula beberapa lokomotif yang sedang menjalani proses perawatan dan perbaikan.

Lokomotif CC2061507, salah satu lokomotif yang sedang menjalani proses perawatan di Balai Yasa Yogyakarta | Foto: RED/Tubagus Gemilang Pratama

Jalan-Jalan dengan KRDE Feeder dan Akhir Kunjungan

Rangkaian KRDE feeder Kereta Cepat yang membawa pengunjung berjalan-jalan | Foto: RED/Tubagus Gemilang Pratama

Selesai dengan tour edukatif di dalam workshop, tidak lengkap rasanya jika tidak merasakan langsung proses testing atau uji jalan KRD di Balai Yasa Yogyakarta. Untuk mencobanya, pengunjung dapat menaiki kereta feeder Kereta Cepat yang akan berjalan keluar balai yasa dan melakukan gerakan maju mundur di jalur ujicoba yang terletak di depan gerbang utama Balai Yasa Yogyakarta. Proses langsiran menuju jalur ini, kereta akan melalui area rumah penduduk yang posisinya berada sangat dekat dengan rel. Setelah dua kali maju mundur di jalur uji, kereta akan masuk kembali ke dalam balai yasa dan pengunjung dipersilakan turun.

Suasana di dalam KRDE feeder kereta cepat | Video: Tubagus Gemilang Pratama

Pukul 12.00 – 13.00 seluruh aktivitas tour workshop dan perjalanan kereta feeder untuk sementara berhenti guna istirahat. Namun pengunjung dapat mengisi waktu istirahat ini dengan membeli makanan, kerajinan tangan, dan berbagai produk UMKM di beberapa booth yang terdapat di halaman utama Balai Yasa. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati live music dengan selingan talk show dari beberapa perusahaan BUMN di dalam tenda besar lengkap dengan kursi yang tersedia. Bagi pengunjung yang hendak melaksanakan ibadah shalat dzuhur, terdapat pula masjid di area ini.

Berbagai UMKM yang berjualan di open house Balai Yasa Yogyakarta | Foto: RED/Tubagus Gemilang Pratama

Waktu kunjungan pun berakhir pada pukul 14.00. Acara open house balai yasa yang baru pertama kali KAI adakan ini mendapat sambutan yang positif dari masyarakat. Hal ini terbukti dari kuota yang terisi penuh dan semangat pengunjung yang sudah datang di lokasi satu jam sebelum acara mulai. Simak pula liputan tim REDaksi dari Balai Yasa Manggarai dan Surabaya Gubeng, yang tentunya tidak kalah seru. (RED/TGP)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

TB Gemilang Pratama

Railway Enthusiast | Bus Enthusiast | Enterpreneur | Free Thinker with Responsibility |

One thought on “Serunya Gelaran Open House ala Balai Yasa Yogyakarta

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: