Selamat Berdinas Kembali Lokomotif “Vintage Livery” CC2019201 Jember!

CC2019201 berdinas kembali
Lokomotif CC2019201 menarik KA Sri Tanjung menuju Surabaya Kota | Foto: Alifiardi Maulana

REDigest.web.id, 30/9 – Setelah menjalani perawatan agar dapat kembali beroperasi dengan pengecatan ulang menjadi vintage livery, akhirnya lokomotif CC2019201 asuhan Depo Induk Jember kembali beroperasi.

Berdasarkan dari kiriman rekan Tim REDaksi, lokomotif ini kembali berdinas pertama kali sebagai KA Sri Tanjung dengan relasi Lempuyangan-Ketapang via Surabaya Kota pada Rabu (28/9). Dalam perjalanannya, lokomotif ini berdinas dengan ujung pendek (short hood) pada relasi Lempuyangan-Surabaya Kota. Sedang saat melanjutkan perjalanannya ke Ketapang, lokomotif ini tidak berputar posisi. Sehingga perjalanannya pun berlanjut dengan posisi ujung panjang (long hood).

Lokomotif CC2019201 saat membawa KA Sri Tanjung untuk berlanjut menuju Ketapang | Foto: Alifiardi Maulana

Lokomotif CC2019201 sebelumnya merupakan salah satu lokomotif yang konservasi sementara atau terparkir di Depo Jember saat puncak pandemi COVID-19. Kemudian lokomotif ini mendapat pemeliharaan 72 bulanan (P72) di Balai Yasa pada September sebelum beroperasi kembali setelah terparkir lama. Sebelum kembali berdinas, lokomotif ini sempat KAI pajang saat open house Balai Yasa Yogyakarta pada 23-25 September silam.

Lokomotif CC2019201 saat menjadi “artis” di Balai Yasa Yogyakarta | Foto: RED/Tubagus Gemilang Pratama

Dengan ini maka lokomotif dengan vintage livery ini dapat kembali beroperasi untuk menarik KA utamanya di Jember dan sekitarnya. Meski demikian, terkadang lokomotif asuhan Depo Jember bisa “terbawa” jauh ke wilayah lain. Akankah lokomotif ini akan roadshow mengikuti pendahulunya, CC2018331 dan CC2018334? Biarlah waktu yang akan menjawab. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: