Terdampak Ancaman Mogok Kerja, Amtrak Batalkan Banyak KA
REDigest.web.id, 16/9 – Pernahkah pembaca membayangkan apa yang terjadi jika sebuah sistem perkeretaapian nasional terhenti? Hal tersebut hampir saja terjadi di Amerika Serikat akibat ancaman mogok pekerja peusahaan KA barang.
Melansir dari CNN, operator KA penumpang Amerika Serikat, Amtrak terpaksa membatalkan sejumlah KA jarak jauh akibat ancaman mogok pekerja pada Jumat (16/9). Hal ini karena 21.000 mil jaringan di mana Amtrak beroperasi adalah kepemilikan perusahaan KA barang dengan pengaturan dan perawatan oleh perusahaan KA tersebut. Oleh karenanya, meskipun Amtrak tidak ada ancaman mogok kerja, tetapi pelayanan KA di jalur tersebut akan terdampak.
Beruntung, ancaman mogok pekerja ini dapat terhindarkan. Hal ini berkat kesepakatan antara manajemen perusahaan KA dan serikat pekerja yang terdiri dari 50.000 masinis dan kondektur setelah negosiasi panjang. Negosiasi ini berakhir setelah 20 jam pembicaraan yang berlangsung alot sebelum berakhir pada Kamis pukul 5 pagi waktu setempat. Bahkan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden sampai harus secara pribadi menghubungi negosiator.
Melansir dari East Idaho News, kesepakatan terhadap pekerja yang mencuat ke umum di antaranya adalah peningkatan gaji sebesar 14% berlaku surut dari 2020. Selain itu juga ada peningkatan gaji sebesar total 24% di antara periode 2020-2024, dan bonus tunai 1.000 Dollar Amerika setahun. Presiden Joe Biden menyebut kesepakatan ini adalah “kemenangan bagi pekerja dan perusahaan KA”.
Saat ini Amtrak sedang mengembalikan layanan KA yang batal, dan mengupayakan penggunanya terangkut pada kesempatan pertama.
Perjalanan KA yang Batal
Perjalanan KA yang batal adalah perjalanan KA yang secara jadwal tidak dapat mencapai tujuan akhirnya pada pukul 00.01 dini hari Jumat (16/9). Di antaranya adalah Southwest Chief (Chicago-Los Angeles pp), Empire Builder (Chicago-Seattle/Portland pp), City of New Orleans (Chicago-New Orleans pp). Berikutnya juga ada Auto Train (KA pengangkut mobil Sanford-Lorton pp), Capitol Limited (Washington DC-Chicago pp), dan sejumlah KA lainnya.
Layanan KA di Northeast Corridor (Boston-Washington DC) dan jalur cabang ke Albany, Harrisburg, dan Springfield tidak terdampak. Hal ini karena tidak ada segmen jalur ini yang merupakan kepemilikan operator KA barang. Acela Express yang menghubungkan New York dan Boston termasuk di antara layanan yang tidak terdampak. (RED/IHF)