Lama Menghilang, Ternyata Railbus Batara Kresna Ada Di Sini!

Ilustrasi KA Batara Kresna | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy
Ilustrasi KA Batara Kresna | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 7/10 – Minggu lalu (2/10), Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Bagian Tengah (BTP Jabagteng) merilis kabar terbaru sarana Railbus Perintis Batara Kresna melalui laman resminya di media sosial Facebook.

Menurut kiriman tersebut, Railbus Batara Kresna sedang menjalani proses P48 atau perawatan 48 bulan (4 tahun) agar armadanya selalu dalam keadaan layak beroperasi. Sebagai informasi, terdapat beberapa tahap perawatan kereta api yang terdiri dari:

IstilahKeteranganStatus
Perawatan harianPerawatan berkala
P1Perawatan 1 bulananPerawatan berkala
P3Perawatan 3 bulananPerawatan berkala
P6Perawatan 6 bulananPerawatan berkala
P12Perawatan 12 bulanan (satu tahun)Perawatan berkala
P24Perawatan 24 bulanan (dua tahun)Perawatan besar (Overhaul)
P48Perawatan 48 bulanan (empat tahun)Perawatan besar
(Overhaul)

Kabar tersebut didapatkan ketika BTP sedang mengunjungi PT INKA di Madiun sebagai perusahaan pembuat kereta tersebut. Saat itu, Batara Kresna mendapatkan perbaikan dan penggantian komponen serta pengecatan ulang bodi luarnya. Apabila telah selesai, Batara Kresna akan melakukan uji statis dan uji dinamis sebelum kembali beroperasi di lintas Wonogiri – Purwosari – Solo.

Untuk saat ini, layanan KA Perintis Batara Kresna tersebut tetap beroperasi menggunakan KRDI. Tidak sabar menunggu kembalinya Railbus di lintas ini? (RED/AFD).

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: