KAI Blokir Kursi Baris C pada Kereta Ekonomi KA Dharmawangsa dan Brantas

Ilustrasi: KA Dharmawangsa di wilayah Wiradesa, Pekalongan | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 5/11 – Para pembaca atau pengguna setia KA Dharmawangsa dan Brantas mungkin menyadari sesuatu yang berbeda dari pemesanan tiket KA. Pasalnya seluruh kursi baris C di kelas ekonomi terblokir untuk pemesanan sejak Sabtu (5/11) ini. Dengan pemblokiran ini, maka dari 106 kursi yang biasanya tersedia pada setiap kereta ekonomi KA Dharmawangsa dan Brantas, hanya ada 88 kursi yang tersedia. Sedangkan 18 kursi yang seluruhnya merupakan kursi baris C terblokir atau tidak dijual.

Saat Tim REDaksi tanyakan ke KAI, ternyata jawaban yang muncul cukup menghebohkan. KAI membenarkan rencana penggantian armada KA Dharmawangsa dan Brantas pada bulan November. Akan tetapi, belum ada informasi armada apakah yang akan kedua KA ini gunakan. Begitu pula belum tampak ada pergerakan perpindahan kereta seperti umumnya jika ada rencana perubahan armada.

Perubahan ini berdampak pada KA Dharmawangsa dan Brantas karena keduanya memiliki pola operasi rolling, di mana dua KA ini menggunakan rangkaian yang sama. KA Dharmawangsa dan Brantas menggunakan kereta ekonomi dan eksekutif milik Depo Blitar. Pola operasi seperti ini juga digunakan oleh KA Bengawan dan Matarmaja, serta KA Pasundan dan Kahuripan.

KA Bengawan dan Matarmaja menggunakan kereta ekonomi 106 tempat duduk milik Depo Solo. Sedangkan KA Pasundan dan Kahuripan menggunakan kereta ekonomi 106 tempat duduk milik Depo Bandung. Keempat KA ini masih belum ada rencana pemblokiran kursi ataupun perubahan rangkaian. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: