Mantap! KRL Seri 205 Wajah Cerita Peri Akhirnya Kenakan Seragam Baru

Rangkaian DP148 melintasi Stasiun Duren Kalibata di tengah hujan | Foto: Khesya Radya Irwanto

REDigest.web.id, 6/11 – Setelah dinanti-nantikan oleh para pecinta kereta api di wilayah Jabodetabek, akhirnya KRL seri 205 “Marchen Face” atau Wajah Cerita Peri akhirnya mengenakan seragam alias livery barunya juga. Rangkaian KRL seri 205 yang pertama kali mengenakan seragam barunya ini adalah DP148+147. Selama bulan Oktober kemarin, rangkaian ini telah menjalani proses Pemeliharaan 48 bulan (P48) di Depo Depok.

Rangkaian KRL seri 205 wajah cerita peri ini tampak menjalani uji dinamis dengan seragam baru ini pada Sabtu (6/11) kemarin. Saat uji coba, KRL ini menjalani rute uji coba dari Stasiun Depok ke Manggarai untuk kembali ke Depok. Sejak pemberlakuan swtich over 5, pemilihan rute ini tidak lazim. Pada umumnya sejak switch over 5 KRL uji coba dari Depok hanya berjalan dengan rute Depok-Bogor pp.

Rangkaian DP148 di Stasiun Manggarai | Foto: Maulana Malik

Berdasarkan pantauan dari rekan Tim REDaksi, KRL ini berangkat dari Stasiun Depok menuju Stasiun Manggarai sekitar pukul 11.30 dan tiba sekitar pukul 12.15. Rangkaian ini kemudian kembali menuju Depok sekitar pukul 12.30 dan tiba pukul 13.30. Secara fisik, tampak sekujur tubuh KRL ini telah mengenakan livery terbarunya. Sementara logo KAI Commuter di bagian muka saat ini belum terpasang. Sayangnya, untuk striping miring di bagian samping masih tampak tidak presisi dengan striping bagian mukanya. Tampak bagian yang tidak menyambung seperti halnya livery KRL seri 205 pada umumnya.

DP148 dengan kabin sisi Jakarta Kota dari 205-147. Sebelumnya kabin kereta ini merupakan kereta posisi tengah | Foto: Khesya Radya Irwanto

Sementara itu, formasi pada rangkaian ini juga mengalami pertukaran kereta. Kereta kabin yang sebelumnya keduanya menggunakan kereta KuHa 205-148 mengalami pertukaran. Akibatnya kereta kabin di sisi Jakarta Kota justru menjadi kereta nomor 205-147. Hingga kini, belum ada informasi kapan rangkaian ini akan kembali beroperasi. Terkadang, memang setelah uji dinamis pasca-P48, ada beberapa hal yang perlu penyesuaian sebelum sebuah rangkaian kembali berdinas.

Stamformasi rangkaian DP148 terkini yang menjadi DP147+148 | Sumber data: Litbang GM-MarKA, diolah kembali oleh Litbang RED

Sementara untuk rangkaian Wajah Peri selanjutnya adalah DP145 yang kali ini sudah masuk Balai Yasa Manggarai. Berdasarkan informasi yang Tim REDaksi peroleh, rangkaian ini akan menjalani P48 pada November ini. Nantikan saja ya kemunculan kembalinya! (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: