Berita KABusBus Rapid Transit/PerkotaanIndonesiaKAI CommuterKereta Api

Resmi Kolaborasi, Kartu Multi Trip Dapat Digunakan Pada Trans Jogja

Trans Jogja KRL Joglo
Ilustrasi: KRL Commuter Line di stasiun Yogyakarta dan bus Trans Jogja di terminal Giwangan | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

REDigest.web.id, 10/11 – Trans Jogja dan KRL Jogja-Solo, merupakan transportasi komuter di Yogyakarta yang terpisah sistem integrasi pembayarannya. Beberapa bulan yang lalu terdapat rencana integrasi bagi pengguna yang melanjutkan perjalanan dari Trans Jogja ke KRL Commuter Line maupun sebaliknya, dan kini rencana tersebut telah terealisasikan.

Melansir dari Detik Jateng, PT Kereta Api Indonesia (KAI) bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) DIY meluncurkan Kartu Multi Trip (KMT) yang mengintegrasi pembayaran KAI Commuter dengan Trans Jogja, di mana KMT ini dapat memudahkan pengguna membayar naik KRL Jogja-Solo sekaligus bus Trans Jogja.

Integrasi Trans Jogja KRL Joglo
Acara peresmian integrasi KMT dengan Trans Jogja dengan sistem transaksi akseptasi. | Foto: Indrayana

KMT yang berkolaborasi ini memiliki stok yang tersedia di seluruh stasiun yang melayani KRL Jogja-Solo dan beberapa halte Trans Jogja. Menurut Direktur Utama PT Anindya Mitra International (AMI) selaku operator bus Trans Jogja, Dyah Puspitasari, terdapat beberapa halte Trans Jogja yang melayani pembelian KMT, di antaranya halte Taman Pintar, SMP 5 Kridosono, Jombor, Bandara Lama (Adisutjipto), Plaza Ambarrukmo, dan Samsat (Kota Jogja). Sedang jumlah kartu yang tersedia di stasiun tanpa batas dan di halte yang tersebar sebanyak 750 kartu.

KMT integrasi Trans Jogja KRL Joglo
Kartu Multi Trip edisi public transport. KMT ini dapat dipergunakan transaksi baik pada KRL Commuter Line atau bus Trans Jogja. | foto: Indrayana

Untuk isi ulang saldo KMT, Direktur Operasi dan Pemasaran KAI Commuter, Wawan Arianto, menjelaskan pengisian saldo KMT kolaborasi ini dapat dilayani di seluruh halte Trans Jogja maupun di stasiun yang melayani KRL Jogja-Solo. Untuk isi ulang saldo via handphone masih dalam proses develop yang harapannya di akhir tahun 2022 atau awal 2023 sudah bisa digunakan.

Harga dari KMT kolaborasi ini sebesar Rp30.000, di mana sudah termasuk isi saldo sebesar Rp10.000. Meski kartu didapatkan pada stasiun KRL Jogja-Solo dan hate Trans Jogja, transaksi pembayaran KMT kolaborasi tersebut dapat digunakan juga pada layanan KRL Jabodetabek. (RED/EPP)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


One thought on “Resmi Kolaborasi, Kartu Multi Trip Dapat Digunakan Pada Trans Jogja

  • Ogan

    ora iso nang Teman Bus haiya

    Balas

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×