KAI Kirim Rangkaian KRL Seri 6000 eks Toei ke Pasirbungur

KLB kirim rangkaian konservasi dari Balai Yasa Manggarai ke Stasiun Pasirbungur | Foto: RED/Saddam Hasan Fauzan

REDigest.web.id, 5/12 – KAI telah mulai mengirimkan sejumlah kereta yang tak dapat beroperasi dari Balai Yasa Manggarai ke Pasirbungur. Pengiriman ini telah berlangsung pada Jumat dini hari (2/12) lalu.

Dalam pengiriman ini, berjalan kereta luar biasa (KLB) yang membawa rangkaian KRL seri 6000 eks Toei dari Balai Yasa Manggarai ke Pasirbungur. Stamformasi rangkaian ini terdiri dari lokomotif CC2019207, diikuti oleh kereta 6242, 6245, 6156, 6165, dan 6166. Selain kereta seri 6000 eks Toei, rangkaian ini juga terdiri atas dua kereta bandul untuk pengereman, dan dua kereta kelas ekonomi yang tidak beroperasi.

Posisi rangkaian KRL seri 6000 eks Toei sebelum proses langsiran mulai akhir November. Saat ini belum ada kereta kabin KRL seri ini yang berada di Pasirbungur. Foto pada 15 Oktober 2022. | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Sebelumnya proses langsiran rangkaian konservasi ini telah berlangsung sejak akhir November lalu. Kala itu posisi KRL seri 6000 eks Toei ini berpindah posisi menuju los tengah Balai Yasa Manggarai. Sebelum proses langsiran, rangkaian KRL ini berada di pojok selatan Balai Yasa Manggarai, tepat di sebelah los perawatan. Pada pengiriman yang berlangsung pada Jumat dini hari kemarin, belum ada kereta kabin yang berangkat menuju Pasirbungur.

Sementara pada Sabtu (3/12) dini hari, KAI juga mengirim sejumlah KRL ekonomi dari jenis BN-Holec dan Hitachi menuju Pasirbungur. Berbeda dengan pengiriman KRL seri 6000 eks Toei, pengiriman sarana ini menggunakan truk flat bed. Berdasarkan informasi yang Tim REDaksi terima, proses pengiriman ini sendiri masih akan berlanjut dalam waktu dekat, dengan membawa serta kereta kabin yang belum ditumpuk.

Sementara untuk KRL seri 6000 eks Toei, sudah ada satu unit kereta kabin yang mendapatkan preservasi oleh KAI Commuter saat masih bernama Kereta Commuter Indonesia. Ialah unit 6181 yang menjadi sarana pendidikan di Depo Depok. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “KAI Kirim Rangkaian KRL Seri 6000 eks Toei ke Pasirbungur

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: