Berita KAIndonesiaKereta Api

KAI Kembali Tarik KRL Seri 6000 eks Toei ke Pasirbungur

Rangkaian pengiriman sarana konservasi di Stasiun Cikampek dengan lokomotif CC2039508 milik Purwokerto sebagai lokomotif penarik | Foto: Zacky Fahd Mustafa

REDigest.web.id, 10/12 – Setelah sebelumnya pada Jumat (2/12) KAI mulai mengirim sarana konservasi termasuk KRL seri 6000 eks Toei, pengiriman ini kembali berlanjut pada Kamis (8/12) dini hari kemarin.

Dua kabin “Toei Falcon” dengan bentuk khasnya | Foto: Zacky Fahd Mustafa

Dalam pengiriman kali ini, KLB ini membawa sejumlah KRL seri 6000 eks Toei. Kereta yang ikut kali ini adalah 6167, 6151, 6188, dan 6168.

Yang menarik perhatian pada pengiriman ini adalah adanya tiga kereta kabin pada kesempatan ini. Adalah 6168, 6151, dan 6188 yang menjadi kereta kabin yang ikut dalam pengiriman ini.

Dua kereta di antaranya, 6151 dan 6188 adalah kereta yang terkenal dengan julukan “Toei Falcon” atau “Djoko Lelono 2” dengan bentuk kabin membulat. Kereta ini merupakan hasil modifikasi setelah terlibat dalam dua kecelakaan terpisah.

Kereta 6151 ringsek setelah mengalami kecelakaan di Kebon Pedes saat bertabrakan dengan KRL Ekonomi pada 5 Agustus 2009. Sedangkan kereta 6188 ringsek setelah tertabrak lokomotif CC20179 (kini CC2018907) yang menarik KA Antaboga di Kampung Bandan pada 30 Oktober 2008.

Gerbong GR yang diangkut di atas gerbong datar | Foto: Zacky Fahd Mustafa

Tidak hanya itu, ada sebuah gerbong GR yang ikut dengan rangkaian ini. Gerbong tersebut memiliki kode GR 20867 dengan keterangan “PENERANGAN USR I MRI”. Selain itu, juga terdapat dua kereta ekonomi konservasi yang juga dikirim ke Pasirbungur.

Selain pengiriman via rel, juga ada pengiriman sarana via jalan darat. Pengiriman ini dilakukan untuk sarana yang telah rusak berat sehingga tidak dapat berjalan melalui rel. Salah satunya adalah dua unit KRL ekonomi jenis BN-Holec yang ringsek akibat kecelakaan.

KRL BN Holec yang rusak berat akibat kecelakaan saat telah tiba di Stasiun Pasirbungur | Foto: Senna Hananto

Dengan ini maka selesailah pengiriman KRL seri 6000 eks Toei yang masih berada di Balai Yasa Manggarai. Menyisakan hanya kepala 6181 yang mendapat preservasi di Depo Depok, dan rangkaian Toei “rakitan” yang masih terdiam di Depo Depok. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×