Fakta KAInternasionalSejarah KA

Charleroi Metro Line 5: Jalur Metro yang Layu Sebelum Berkembang

Stasiun Chet di Charleroi Line 5 yang terbengkalai | Foto: Brian Doucet, London Reconnection

REDigest.web.id – Kita semua pasti sudah terbiasa dengan proyek ambisius yang gagal. Proyek-proyek yang dibangun dengan dana yang tentunya tidak sedikit seringkali berakhir gagal dan mangkrak. Ada yang berhenti sebelum dibangun, ada yang sudah separuh jalan lalu berhenti, bahkan ada yang sudah jadi namun tidak digunakan sama sekali.

Hal tersebut tak hanya terjadi di negara-negara berkembang. Di negara maju sekalipun hal seperti ini masih sering terjadi. Salah satunya adalah Charleroi Metro Line 5. Meskipun jalur ini sudah rampung dibangun, namun tak ada satupun kereta yang melintas di jalur ini.

Jalur ini membentang dari Neuville hingga Chatelet dengan jumlah perhentian sebanyak 8 stasiun yakni Neuville, Chet, Centenaire, Champeau, Corbeau, Trieux, dan Chatelet. Jalur ini dibangun pada tahun 1987 sebagai bagian dari pengembangan transportasi umum di Kota Carleroi.

Seperti dalam penelusuran yang dilakukan oleh kanal Youtube The Tim Traveler yang diunggah pada 14 Mei 2022, terlihat semua stasiun di jalur ini sudah rampung dibangun dan siap digunakan. Namun anehnya tidak pernah dioperasikan. Beberapa stasiun seperti Neuville tertutup rapat sehingga tidak dapat dimasuki. Tapi ada juga stasiun yang terbuka sehingga bisa dimasuki dengan bebas.

Seperti Stasiun Chet yang mana siapapun dapat masuk dan keluar dengan bebas. Namun sayangnya karena terbuka kondisi stasiun sangat mengenaskan. Coretan dinding memenuhi dinding stasiun. Stasiun juga tampak sangat kotor dan tidak terawat. Bahkan sejumlah aset tampak rusak oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Lantas apa yang membuat jalur ini mati bahkan sebelum dioperasikan? Jawabannya adalah politik dalam negeri Belgia itu sendiri.

Daftar Isi: 

  1. Pembuka
  2. Proyek Mercusuar dan Politik Belgia
  3. Angin Segar untuk Charleroi Metro Line 5

Halaman Selanjutnya: Proyek Mercusuar dan Politik Belgia

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Pages ( 1 of 3 ): 1 23Berikutnya »

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×