Berita KAIndonesiaLRT Jabodebek

LRT Jabodebek Akan Lakukan Uji GoA 3 Pada Maret

Ilustrasi rangkaian LRT Jabodebek
Ilustrasi rangkaian LRT Jabodebek | Foto: RED/Bayu Tri Sulistyo

REDigest.web.id, 21/1. LRT Jabodebek akan melakukan uji Grade of Automation (GoA) 3 pada Maret mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Divisi LRT Jabodebek KAI Mochamad Purnomosidi kepada Tempo.co pada Selasa (17/1) lalu. Uji coba akan dilakukan selama 2 bulan yakni pada Maret dan April.

Skenario yang digunakan dalam uji GoA 3 ini menggambarkan situasi ketika LRT Jabodebek resmi beroperasi pada Juli mendatang. Termasuk nantinya kereta akan berhenti di semua stasiun perhentian. 27 dari 31 set LRV akan diujicoba sistem otomasinya. Uji coba ini akan dilakukan secara tertutup tanpa mengangkut penumpang.

Sisa 4 set LRV saat ini masih menjalani proses sertifikasi oleh Kemenhub sehingga nantinya sisa rangkaian ini akan dijadikan rangkaian cadangan. Jika uji coba tertutup ini berjalan sukses tanpa kendala, nantinya akan dilanjutkan dengan uji coba terbatas pada Mei hingga awal Juli mendatang dengan mengundang media dan undangan dan beroperasi secara resmi pada Juli 2023.

Sebelumnya pada 26 Desember 2022 lalu, Presiden Joko Widodo bersama sejumlah pejabat mencoba naik LRT Jabodebek dari Stasiun Harjamukti hingga Stasiun Taman Mini. Dalam uji coba tersebut, presiden meminta agar pengoperasian LRT Jabodebek tidak molor lagi seperti sebelumnya.

Bahkan presiden meminta agar pengoperasiannya dipercepat sesuai dengan yang tertulis dalam Integrated Project Master Schedule (IPMS) yang mana pada Juli 2023 harus sudah beroperasi.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×