Berita KAInternasionalKereta Api

Bangladesh Resmikan Jalur Metro Pertamanya

Perdana Menteri Bangladesh Syeikh Hasina saat melepas keberangkatan perdana kereta metro Dhaka | CNN Travel
Perdana Menteri Bangladesh Syeikh Hasina saat melepas keberangkatan perdana kereta metro Dhaka | Foto : CNN Travel

REDigest.web.id, 16/2 – Akhir tahun 2022 silam ditutup dengan bahagia di Bangladesh. Dilansir dari CNN, Jalur MRT Dhaka Line 6 resmi beroperasi pada Kamis (29/12). Diresmikannya jalur ini ditandai dengan pemberangkatan kereta metro pertama oleh Perdana Menteri Bangladesh Syeikh Hasina.

Menurut The Daily Star (Bangladesh). Jalur yang dibuka adalah jalur layang sepanjang 12 dari total  21.26km kilometer jalur. Seksi ini menghubungkan kawasan Uttara di utara Dhaka dengan kawasan Agargaon di pusat Kota Dhaka.

Sementara berdasarkan NHK, sejumlah teknologi baru diperkenalkan di kereta metro ini seperti ticketing otomatis yang menggunakan IC Card dan kereta khusus wanita. Ditargetkan keseluruhan seksi jalur dari Uttara hingga Kamalapur dapat beroperasi pada 2025 mendatang.

MRT Line 6 merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Bangladesh dengan Pemerintah Jepang. Pembangunan jalur ini menggunakan dana pinjaman dari JICA dan dibangun oleh kontraktor lokal bekerjasama dengan kontraktor Jepang.

Dhaka merupakan salah satu kota terpadat di dunia sehingga diharapkan hadirnya jalur MRT ini dapat mengatasi kemacetan di Kota Dhaka. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×