Berita KAIndonesiaKereta ApiMRT Jakarta

Pemprov DKI Jakarta dan Jawa Barat Tandatangani Kesepakatan Pembangunan MRT Jakarta Fase 3

MRT Jakarta
Ilustrasi: MRT Jakarta trainset 15 memasuki Stasiun Blok A | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 18/2 – Pemprov DKI Jakarta dan Pemprov Jawa Barat menandatangani kesepakatan dukungan pembangunan Jalur MRT Jakarta Fase 3. Seperti dikutip dari Republika, penandatanganan dilakukan oleh Plt Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Plt Walikota Bekasi Andhianto di Gedung Sate, Bandung pada Jumat (17/2) kemarin.

Kesepakatan dukungan antara dua provinsi ini dilakukan untuk mendukung pembangunan MRT Jakarta Fase 3A dari Tomang hingga Medan Satria, Bekasi. Plt Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan pembangunan MRT Jakarta Fase 3A ini nantinya akan membawa manfaat bagi masyarakat di Bekasi dan DKI Jakarta.

Ia mengatakan pembangunan akan dimulai pada 2024. Untuk pembiayaannya sendiri akan dilakukan melalui pinjaman pemerintah pusat dan DKI Jakarta lewat JICA. Namun belum diketahui besarnya anggaran pembangunan fase 3 ini.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pihaknya masih belum bisa memberikan detail mengenai anggaran pembangunan MRT Jakarta Fase 3 karena menunggu survei trase yang dilakukan. Namun ia memastikan pemerintah kedua provinsi dan Pemkot Bekasi akan memiliki andil dalam pembangunan ini.

Sebelumnya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pembangunan MRT Jakarta Fase 3 akan mendapat dukungan pembiayaan dari Jepang sebesar Rp160 triliun. Total jalur yang akan dibangun memiliki panjang 84,1 kilometer menghubungkan Balaraja, Kabupaten Tangerang, Banten dengan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Proyek MRT Jakarta Fase 3

Nantinya proyek MRT Jakarta Fase 3 akan dibagi menjadi 2 fase yakni fase 1 yang menghubungkan Kembangan hingga Medan Satria dan fase 2 yang menghubungkan Balaraja dengan Kembangan dan Medan Satria dengan Cikarang. Fase 3 juga nantinya akan didukung dengan dibangunnya 3 depo untuk stabling dan perawatan sarana kereta.

Adapun Fase 1 nantinya akan ada dua tipe jalur yang dibangun yakni jalur layang dari Kembangan hingga Tomang dan jalur bawah tanah dari Tomang hingga Medan Satria lewat Dukuh Atas, Senen, dan Perintis. Ditargetkan fase 1 mulai beroperasi pada 2031. Sedangkan fase 2 Medan Satria – Cikarang ditargetkan mulai beroperasi pada 2033.

Bagi yang kesulitan untuk membuka kiriman media sosial MRT Jakarta, berikut adalah peta jalur MRT Jakarta Fase 3.

Peta jaringan MRT Jakarta Lin Timur-Barat | Foto: MRT Jakarta

(RED/BTS)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×