IndonesiaKAIKereta Api

Konten Sosialisasi Membedakan Pintu Toilet dan Pintu Keluar Kereta Tuai Kontroversi di Kalangan Pecinta Kereta

Ilustrasi: KA 52 Argo Parahyangan yang menggunakan rangkaian idle KA Mutiara Selatan. KA Mutiara Selatan ini menjadi KA yang terlibat dalam insiden pengguna jasa terjatuh setelah diduga salah membuka pintu toilet. | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 5/2 – Baru-baru ini KAI membuat konten video dengan tema sosialisasi membedakan antara pintu keluar kereta dengan pintu toilet. Hal ini merupakan dampak dari peristiwa tragis yang menimpa salah seorang pengguna KA Mutiara Selatan hingga meninggal dunia pada 3 Januari silam.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kereta Api Kita (@keretaapikita)

Dalam media sosial Kereta Api Kita, telah tayang konten video sosialisasi ini pada Sabtu (4/2) kemarin. Dalam video tersebut tergambar pemeran utama sedang kebelet untuk buang air kecil. Ia pun menunjukkan pintu keluar kereta memiliki jendela, sedang pintu toilet tidak memiliki jendela. Sementara pintu toilet jika terbuka, pengguna akan menemui kloset dan cermin.

Dalam pemutaran video ini, tampak juga lagu latar yang digunakan adalah lagu Kebelet Pipis. Video tersebut pun ditutup dengan imbauan agar tidak salah membuka pintu.

Kontroversi di Kalangan Pecinta Kereta

Sayangnya, video tersebut kemudian menimbulkan kontroversi terutama bagi sejumlah pecinta kereta. Dari kolom komentar terutama di Instagram dan Facebook, sebagian besar komentar mempertanyakan keetisan konten ini. Terlebih karena kejadian jatuhnya pengguna tersebut masih segar dalam ingatan.

Ada juga yang mempertanyakan mengapa penyampaian konten ini malah menjadi mengarah ke candaan. Ataupun ada juga yang mempertanyakan bagaimana jika keluarga korban melihat ini. Beberapa komentar juga memberi masukan ke KAI agar segera mengadakan pintu otomatis untuk meningkatkan keamanan.

Akan tetapi, sebagian komentar, khususnya dari masyarakat umum bernada sebaliknya. Ada yang mempertanyakan apakah mungkin orang bisa salah membuka pintu kereta karena model pintunya berbeda jauh. Dan ada juga yang justru bercerita ia pernah salah membuka pintu panel listrik. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×