Berita KAIndonesiaKAIKereta Api

Beginilah “Sneak Peek” Sarana dan GAPEKA KAI untuk 2023

Eksterior kereta Eksekutif dan Premium stainless steel baru | Foto: INKA

REDigest.web.id, 12/3 – Selain menampilkan render untuk sarana KRL, dalam penandatanganan kontrak dengan KAI Jumat kemarin INKA juga menampilkan render untuk sarana kereta tarik lokomotif. Dalam acara ini, tampak render untuk kereta Eksekutif, Premium, kereta makan, dan Luxury generasi 2.

Kereta Eksekutif

Render interior kereta eksekutif stainless steel baru | Foto: INKA

Pertama-tama render yang INKA tampilkan dalam video penandatanganan kontrak ini adalah render untuk kereta kelas Eksekutif dan Premium. Dalam render untuk kereta Eksekutif, tampak ada dua jenis interior seperti pada gambar di atas.

Jenis yang pertama, yakni di sebelah kiri memiliki dinding interior dengan aksen putih, dan bingkai jendela polos. Sedangkan untuk bagian langit-langit sekilas sangat mirip dengan kereta stainless steel yang saat ini beredar. Untuk kursi tampak menggunakan kursi dengan model yang mirip dengan kursi pada kereta eksekutif stainless steel. Akan tetapi, kursi ini tampak memiliki leg rest. Dan untuk lantai tampak menggunakan model baru dengan aksen hijau gelap-abu-abu.

Kursi mirip dengan model kursi pada kereta Ekesekutif stainless steel saat ini, dengan fasilitas leg rest | Foto: Dhiya Fakhar Nafi

Kursi pada render ini sekilas mirip dengan yang ada pada kereta sleeper prototipe yang berada di Jalan Bogowonto, Madiun. Akan tetapi, desain sandaran punggung kursi ini sangat plek dengan kursi pada kereta Eksekutif stainless steel, hanya mendapat tambahan leg rest.

Jenis yang kedua, yakni di sebelah kanan memiliki dinding interior dengan aksen putih, tetapi bingkai jendelanya beraksen abu-abu. Sedangkan untuk bagian langit-langit sangat berbeda karena tidak menggunakan lampu panjang, melainkan hidden lamp. Untuk kursi tampak menggunakan kursi dengan model yang berbeda. Akan tetapi, kursi ini tidak memiliki leg rest seperti pada konsep pertama.

Kereta Premium

Render interior dan kursi pada kereta Premium stainless baru | Foto: INKA

Berbeda dengan kereta kelas Eksekutif, render pada kereta kelas Premium tampak lebih simpel. Hanya ada satu jenis kereta yang tampak, dengan langit-langit seperti pada kereta Eksekutif jenis kedua. Terlihat kursi dengan model yang cukup serupa dengan model kursi kereta kelas reguler di Jepang yang bisa dibalik dengan cara flip-flop, alias seperti kursi kelas Bisnis.

Kursi model flip-flop pada KRL seri 223 JR West, sebagai perbandingan | Foto: Tennen-Gas, Wikimedia Commons, CC-BY-SA

Di media sosial sendiri sangat banyak masukan terhadap KAI agar kursi kelas Premium dapat diatur searah dengan perjalanan kereta. Dengan ini, belum ada informasi apakah ada pengurangan kapasitas dari kereta Premium generasi baru ini ataupun tidak.

Kereta Makan

Render interior kereta makan stainless baru | Foto: INKA

Sekilas kereta makan stainless steel generasi baru ini tidak memiliki perbedaan berarti dengan kereta makan stainles steel yang sekarang beredar. Akan tetapi, salah satu ujung yang sebelumnya memiliki pintu akses bordes offset ke satu sisi kini memiliki pintu yang tepat di tengah.

Interior kereta makain stainless saat ini. Tampak pintu yang offset ke kiri | Foto: Senna Hananto, diedit semata-mata untuk menghilangkan muka

Selain itu, dalam render ini pemilihan warna pada kursi juga cenderung dengan warna terang satu nada, tidak lagi seperti kereta makan stainless steel yang menggunakan kursi dua nada.

Kereta Luxury

Render eksterior kereta Luxury stainless baru. Sekilas jumlah jendela lebih sedikit dengan ukuran lebih besar ketimbang kereta Eksekutif dan Premium. | Foto: INKA

Render sarana terakhir dari INKA adalah kereta Luxury. Tampak dari luar model kereta ini masih mirip dengan kereta Luxury yang sekarang ada. Pun dengan interior di mana konsep desainnya mengacu ke Luxury generasi kedua. Tampak kursinya menggunakan kursi cangkang dengan konfigurasi 2-1.

Render interior kereta Luxury stainless baru | Foto: INKA

Dari render ini, sesungguhnya ada satu lagi jenis sarana yang sebelumnya KAI umbar ke media, tetapi tidak tampak pada render dari INKA. Melansir dari Detik, sarana ini adalah kereta sleeper kompartemen dengan kapasitas 16 tempat duduk. KAI mengklaim pengguna dapat tidur dengan posisi telentang.

GAPEKA 2023

Selain itu, dalam berita di atas KAI juga memberikan sangat sedikit paparan tentang GAPEKA 2023. KAI hanya mengklaim “akan mengoperasikan kereta melingkar Jawa Barat-Jawa Tengah dan Jawa Timur-Jawa Tengah”.

Meski demikian, di media sosial Twitter tampak salah seorang pengguna membocorkan file GAPEKA 2023. Tidak hanya itu, bahkan dalam tweet balasan juga menampilkan nama KA baru seperti KA Argo Semeru.

Hingga saat ini, belum ada informasi lebih lanjut dari pihak KAI terkait bocoran GAPEKA ini. Informasi yang Tim REDaksi peroleh baik dari render resmi INKA ataupun bocoran GAPEKA 2023 ini akurat saat artikel ini terbit. Penampilan sarana dan GAPEKA 2023 dapat saja berubah seiring dengan waktu. Informasi terbaru dapat dicek di media sosial KAI. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

2 komentar pada “Beginilah “Sneak Peek” Sarana dan GAPEKA KAI untuk 2023

  • Jakiy Majnun

    Sedikit bocoran saja dari chanel Youtube @Wanderer Indonesia itu karena pabrik PT INKA yg bekerjasama dg Stadler Rail dari Suisse yang berada di Banyuwangi sudah jadi itulah mengapa interior nya spt interior kereta eropa kursinya hadap2an dan terbuat dari material seperti karpet layaknya kereta berkecepatan tinggi type EuroCity(EC) seperti Stadler EC250 Giruno milik perusahaan kereta api nasional asal Swiss ykni SBB

    Balas
  • Pingback: INKA Ujicobakan Armada Kereta Eksekutif dan Luxury Stainless Steel Generasi Terbaru

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×