Berita KAIndonesiaKAI CommuterKereta Api

INKA dan KAI Commuter Tandatangani Kontrak 16 Set KRL

Dirut PT INKA dan Dirut KAI Commuter usai penandatanganan kontrak pengadaan 16 set KRL | Sumber: Youtube PT INKA

REDigest.web.id, 10/3 – Setelah tak terlihat selama bertahun-tahun, akhirnya mulai terlihat gambaran bagaimana rangkaian KRL buatan INKA untuk KAI Commuter akan berbentuk. INKA dan KAI Commuter menandatangani kontrak pengadaan 16 set atau 192 unit rangkaian KRL untuk Commuter Line.

Penandatanganan ini merupakan bagian dari rangkaian acara peresmian workshop baru INKA di Banyuwangi, Jawa Timur pada Rabu (9/3) kemarin. Penandatanganan ini dilakukan secara langsung oleh Dirut KAI Commuter Suryawan Putra Hia dan Dirut INKA Eko Purwanto. Diperlihatkan juga bagaimana bentuk sarana KRL baru itu nantinya.

Sebagian pecinta kereta api berpendapat bagian depan KRL buatan INKA ini terlihat seperti perpaduan antara rangkaian KRL R160 yang beroperasi di Jalur E New York Subway, E233-2000, dan 205-3000. Sedangkan bagian sampingnya terlihat seperti E233.

Pintu yang digunakan berbeda dengan desain awal yang slide pintunya di luar. Di desain baru ini slide pintu ditempatkan di sela-sela antara dinding luar dan dinding dalan kereta seperti KRL Jepang.

Desain KRL yang ditampilkan dalam pemaparan. | Sumber: Youtube PT INKA

Sementara untuk interiornya sendiri terlihat seperti perpaduan antara E233 dengan EA204. Display LCD ditempatkan atas pintu yang nantinya akan digunakan untuk informasi perjalanan kereta dan iklan. Bangku kereta berwarna merah hati dengan interior kereta didominasi warna putih.

Konsep interior KRL. | Sumber: Youtube PT INKA

Hingga saat ini masih belum diketahui detail teknis dari rangkaian KRL buatan INKA ini seperti dengan pabrikan mana INKA bekerjasama dan sistem yang digunakan. Rencananya KRL ini akan mulai dikerjakan pada akhir 2023 dan keseluruhan rangkaian sudah mulai beroperasi pada 2025 mendatang.

Selain KRL untuk KAI Commuter, dilakukan juga penandatanganan kontrak pengadaan 612 kereta penumpang stainless steel kelas eksekutif, ekonomi, dan luxury untuk KAI sebagai bagian dari peremajaan sarana kereta jarak jauh.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

5 komentar pada “INKA dan KAI Commuter Tandatangani Kontrak 16 Set KRL

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×