Berita KAEventKereta Api

IRPS Percantik Tampilan Lokomotif C30011 di TMII

Sesi foto bersama di depan lokomotif C30011 yang telah dipercantik penampilannya | Foto: Cahaya Maulidian

REDigest.web.id, 24/3 – Pada hari Minggu lalu, Komunitas Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) melakukan peresmian restorasi penampilan lokomotif C30011 di Museum Transportasi (Mustrans) TMII. Peresmian ini berlangsung setelah proses restorasi yang berlangsung selama sekitar hampir satu bulan.

Dalam acara ini, hadir di antaranya Direktur Jenderal Perkeretaapian, M. Risal Wasal, Direktur Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI)- STTD Ahmad Yani, Direktur Niaga PT Kereta Api Indonesia Hadis Surya Palapa, Direktur Utama KAI Service Asdo Artriviyanto, Para Pimpinan Museum Transportasi TMII, dan tamu undangan lain.

Dalam kiriman di akun resmi IRPS, pihaknya menyebutkan acara ini merupakan puncak dari agenda perbaikan lokomotif yang menjadi koleksi Mustrans TMII ini. IRPS berkolaborasi dengan pengelola Mustrans untuk merawat lokomotif ini agar tetap dapat pengunjung saksikan dalam waktu yang lebih lama.

Acara ini bermula dengan kegiatan jalan santai pada pukul 06.00 pagi. Setelahnya, acara pun berlanjut dengan rangkaian kegiatan berupa sambutan dari tamu undangan dan kemudian simbolis peresmian lokomotif. Acara ini pun ditutup pada pukul 11.00 dengan silaturahmi dan tur bersama kereta wisata Mustrans TMII.

Pada live streaming peresmian ini, Ketua IRPS Ricky Dirjo mengungkapkan rasa syukur semuanya dapat berkumpul pada acara tersebut. Ia mengatakan ia ingin mempreservasi kedua lokomotif C300 di Mustrans TMII, tetapi untuk lokomotif kedua ini masih nanti. Proses preservasi ini ia sampaikan dilaksanakan selama 25 hari dari pagi sampai sore. IRPS berharap dapat berkolaborasi dan terus mengedukasi masyarakat bahwa kereta api punya sejarah yang panjang.

Mengakhiri kiriman tersebut, IRPS mengatakan pihaknya menyaksikan aset sejarah yang sudah masuk museum pun tak terlepas dari risiko ketidakterawatan. IRPS berharap dengan hadirnya tamu undangan kehormatan dapat memberikan bantuan dan atensi serta kolaborasi dengan seluruh insan IRPS.

Dukungan Pihak Lain

Kegiatan preservasi ini juga mendapat dukungan dari sejumlah pihak. Direktur Niaga PT KAI Hadis Surya Palapa mewakili Direktur Utama PT KAI mengatakan peservasi lokomotif ini merupakan bagian dari komitmen preservasi aset-aset kereta api yang ada. Ia juga menyampaikan PT KAI akan bertransformasi menjadi perusahaan modern di bawah bimbingan Direktur Jenderal KA Risal Wasal. Akan tetapi, KAI juga tidak melupakan sejarah kereta api yang merupakan bagian dari catatan-catatan penting sejarah Indonesia.

Hadis juga mengapresiasi giat preservasi di Ambarawa terhadap lokomotif CC200 yang saat itu ia lihat langsung. Ia juga mengapresiasi IRPS dan sangat mendukung program perbaikan tampilan lokomotif C30011 di Kompleks Mustrans TMII. Ia juga berharap program yang merupakan kolaborasi IRPS dan berbagai pihak seperti KAI dan Mustrans TMII ini dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap museum dan sejarah kereta api.

Sementara Direktur PTDI-STTD Ahmad Yani mengapresiasi IRPS karena kolaborasi ini sudah berjalan dengan sekali pertemuan saja. Ia juga berharap kolaborasi ini dapat terus berjalan, karena banyak kereta yang masih belum mendapat perbaikan. Ia berpendapat preservasi ini dapat berlangsung secara kontinu dan bertahap. Ia memberi masukan penerangan di museum ini di malam hari masih kurang, dan menyiapkan kegiatan agar suasana edukasi bagi anak-anak lebih meriah.

Dan Direktur Jenderal Perkeretaapian, M. Risal Wasal menyampaikan salah dua lokomotif ini berperan dalam membangun Stadion Senayan. Ia memberi pesan kepada pengelola museum untuk memberikan informasi digital yang menjelaskan peranan lokomotif yang dipreservasi ini. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×