IRPS Kembali Mempercantik Tampilan Lokomotif CC20015, Beginilah Prosesnya

Restorasi tampilan lokomotif CC20015
Lokomotif CC20015 yang telah menjalani proses restorasi dan akan diresmikan hari ini (26/6) | Foto: IRPS

REDigest.web.id, 26/6 – Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) berhasil kembali mempercantik tampilan lokomotif CC20015 untuk ulang tahun mereka, Sabtu (25/6) ini. Proses restorasi lokomotif CC 200 15 bermula sejak Rabu (8/6) di Museum Kereta Api Ambarawa.

Lokomotif CC20015 sendiri telah lama tiba di Museum Ambarawa. Tercatat pada tahun 2015 silam, lokomotif legendaris ini dibawa dari Cirebon ke Ambarawa. Sejak itu, lokomotif ini pun terdiam menjadi pajangan statis di museum ini.

CC20015 sebelum restorasi
Kondisi awal lokomotif CC20015 sebelum restorasi kembali | Foto: IRPS

Dalam proses mempercantik kembali jenis lokomotif yang lebih terkenal sebagai Si Jengki ini, IRPS memperlihatkan serangkaian progres pengerjaan di akun Twitter mereka. Beginilah proses pengerjaan dari awal restorasi hingga finishing.

Awal Mempercantik Kembali Tampilan CC20015

Lokomotif CC20015 saat jelang proses restorasi | Foto: RED/Ridwan SR

Seperti di bagian pembuka artikel, proses restorasi tampilan lokomotif CC20015 bermula sejak Rabu (8/6) silam di Museum Ambarawa berupa persiapan untuk memulai pengerjaan. Pada Kamis (9/6), proses pembersihan pun bermula dengan pembersihan sementara eksterior lokomotif dengan air. Selain itu, Tim IRPS juga membersihkan bagian bodi yang menggembung dan terkupas serta membersihkan ruang mesin. Tim IRPS juga memperbaiki bagian bodi yang penyok tertekan kawat sling saat pengangkatan.

Proses pembersihan lokomotif CC20015 dari bagian yang terkelupas | Foto: IRPS

Selanjutnya Tim IRPS melanjutkan proses perbaikan dengan mengerok bagian bodi yang berkarat untuk kemudian memberi dempul. Beberapa bagian yang penyok pun sudah diketok agar kembali rapi. Komponen di kabin masinis seperti baterai pun dikembalikan ke posisi semula untuk merapikan kembali bagian ini.

Proses ini berlangsung selama tiga hari, yakni dari Jumat (10/6) hingga Minggu (12/6) kemarin.

Pengecatan Dasar pun Bermula!

Proses pengecatan dasar dalam rangka restorasi lokomotif CC20015 | Foto: IRPS

Selasa (14/6), pengecatan dasar sebagai persiapan untuk pengecatan kembali pun bermula. Proses pengecatan ulang bermula dari bagian yang telah mendapat dempul pada akhir pekan sebelumnya. Selain itu, proses pengelupasan bagian bodi yang berkarat terus berlanjut. Begitu pula dengan pembenahan pada talang air yang berkarat.

Proses perbaikan pada atap lokomotif sebelum pengecatan dasar | Foto: IRPS

Kamis (16/6), proses pengecatan dasar masih berlanjut dengan detailing pendempulan di beberapa bagian dan perbaikan pada atap lokomotif. Pengerjaan pada hari ini sempat tertunda akibat hujan hingga sore hari. Keesokan harinya, atap lokomotif pun mendapat pengecatan, beserta perbaikan di bagian-bagian lainnya.

Pengecatan Kembali pada Bodi, Semakin Indah Kembali

Proses pengecatan kembali lokomotif CC20015 | Foto: IRPS

Sabtu (18/6), proses pengecatan pada bodi pun bermula. Proses ini berlangsung setelah sehari sebelumnya dilakukan pengemalan pola livery dan pengecatan atap.

Minggu (19/6) proses berlanjut dengan pengecatan bagian lain seperti kisi-kisi radiator lokomotif. Ramp radiator juga kembali terpasang pada lokomotif. Sedang pada Selasa (21/6), proses pengecatan berlangsung ke cow catcher dan bagian bogie. Selain itu, juga dilakukan pembersihan kaca depan dan lampu semboyan.  Lokomotif ini juga mendapat aplikasi coating.

Pengemalam pola livery lokomotif | Foto: IRPS

Menurut tim IRPS, pengecatan lokomotif shovelnose ini cukup ringkas karena tidak banyak panel. Hal ini berbeda dengan lokomotif CC201 dan lokomotif lain yang memiliki lebih banyak panel.

Pengecekan dan Finishing

pemolesan bodi lokomotif CC20015
Proses pemolesan pada bodi lokomotif CC20015 | Foto: IRPS

Proses pengecatan pun mencapai tahap finishing pada Kamis (23/6). Saat itu tim IRPS melanjutkan proses perbaikan pada tahap detailing, pengecatan kabin, dan pemasangan plakat. Pada Jumat (24/6), proses finishing pun berlanjut ke tahapan pemasangan kaca di kabin dan pemolesan bodi.

Kegiatan IRPS untuk mempercantik kembali tampilan lokomotif CC20015 pun akhirnya usai juga pada Sabtu (25/6). Tim IRPS mengucapkan rasa terima kasih mereka atas suksesnya proses restorasi lokomotif legendaris ini. Hari ini, Minggu (26/6), IRPS pun melakukan upacara seremoni sekaligus merayakan ulang tahun IRPS yang pada Sabtu kemarin berusia 20 tahun. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: