Berita KADebutIndonesiaKAIKereta Api

GAPEKA 2023, KA Pandalungan Siap Ramaikan Lintas Utara

Ilustrasi: KA Pandalungan yang rencananya menggunakan rangkaian seperti KA Sembrani Tambahan. | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 18/5 – Kabar baik bagi pembaca yang akan melakukan perjalanan dengan tujuan Jember dari Gambir ataupun sebaliknya. Dengan rilisnya GAPEKA 2023 yang dapat pembaca unduh, pembaca dapat menemukan terdapat penambahan perjalanan KA Pandalungan. KA ini merupakan KA baru relasi Gambir langsung menuju Jember secara pulang-pergi. Jika melirik pada situs Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul, pandalungan adalah istilah untuk menyebut kebudayaan hasil asimilasi antara budaya Jawa dan Madura.

Perjalanan kereta api Pandalungan dari stasiun Gambir berangkat pada pukul 20.05 sebagai KA 78F, dan berangkat dari stasiun Surabaya Pasarturi pada pukul 06.48 sebagai KA 75F. Sebaliknya, Perjalanan kereta api Pandulungan berangkat dari stasiun Jember pada pukul 15.00 sebagai KA 76F, lalu berangkat dari stasiun Surabaya Pasarturi pada pukul 19.05 sebagai KA 77F.

KA Pandulungan sendiri hanya tersedia dalam kelas eksekutif. Saat diperiksa melalui aplikasi KAI Access, tarif yang ditawarkan bervariasi dari Rp580.000 hingga Rp700.000 tergantung pada subclass yang anda pilih. Namun selama periode 1-30 Juni 2023, anda dapat menaiki KA Pandulungan hanya dengan tarif promo sebesar Rp300.000 saja.

Di masa lalu, perjalanan KA dari Gambir langsung ke Jember sempat tersedia dalam wujud KA Sembrani. Di tahun 2015, KA ini beroperasi hingga Jember selama musim lebaran saja. Dengan adanya KA Pandalungan, kini pembaca tidak perlu lagi harus berganti-ganti kereta untuk bepergian dari Jakarta menuju Jember. Ingin mencoba? (RED/ADR)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×