Berita KADebutIndonesiaKereta ApiKereta Cepat

Akhirnya EMU Kereta Cepat pun Tiba di Halim!

EMU KCJB di Halim
EMU kereta cepat bersama dengan LRT Jabodebek di wilayah Grand Metropolitan Bekasi | Foto: Aldi Putra Pratama

REDigest.web.id, 19/5 – Momen yang para pecinta kereta cepat selama ini nantikan pun tiba! Pasalnya setelah bertahun-tahun konstruksi, akhirnya EMU kereta cepat pun tiba sampai Halim. Berdasarkan pantauan dari rekan Tim REDaksi di lapangan, EMU kereta cepat menjalani uji coba pada Jumat (19/5) siang tadi. EMU ini menjalani rute penuhnya dari Depo Tegalluar hingga Stasiun Halim di Jakarta.

Berhasilnya EMU mencapai Jakarta ini merupakan momen bersejarah bagi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Pasalnya, sebelum ini rangkaian EMU kereta cepat tampak berjalan secara terbatas di area sekitar Tegalluar. Perjalanan tersebut kala itu berfungsi untuk uji dinamis dan showcase saat perhelatan G20 pada 16 November 2022 silam.

Berdasarkan pantauan di lapangan, uji coba EMU ini masih melaju dengan kecepatan terbatas 80 km/jam. Sebelumnya, selama sepekan ini uji coba jalur KCJB menggunakan kendaraan perawatan untuk jalur rel.

Sebelumnya, pihak KCJB sendiri telah memulai sosialisasi uji coba kecepatan tinggi mulai Senin (15/5) lalu. Pihak KCJB telah meminta warga untuk tidak beraktivitas di wilayah jalur kereta cepat. KCJB mengimbau benda sekecil apapun dapat mengganggu keselamatan operasional kereta cepat dan meminta masyarakat berperan aktif dalam keselamatan.

Tidak hanya itu, listrik aliran atas KCJB juga telah beroperasi sepenuhnya mulai Senin lalu. KCJB telah mengalirkan listrik 27,5 kV AC untuk keperluan uji coba. Pada malam yang sama, CREC juga meresmikan substation 150 kV di Halim. Aktivasi gardu ini melengkapi empat gardu untuk mendukung kelistrikan KCJB, yakni Halim, Karawang, Walini, dan Tegalluar. (RED/IHF)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

One thought on “Akhirnya EMU Kereta Cepat pun Tiba di Halim!

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×