Berita KAIndonesiaKAI CommuterKereta Api

GAPEKA 2023, KA Penataran dan Dhoho Tidak Bisa Lagi Satu Perjalanan

Ilustrasi: KA Penataran di Stasiun Sidoarjo. Mulai GAPEKA 2023, KA Penataran dan Dhoho tidak lagi berada dalam satu perjalanan yang sama. | Foto: Alifiardi Maulana

REDigest.web.id, 10/5 – Sejak kabar Grafik Perjalanan KA (GAPEKA) 2023 mulai beredar, dunia KA lokal Jawa Timur mulai mendapat kerisauan. Pasalnya, di media sosial seperti Facebook sudah cukup banyak beredar informasi KA Lokal Penataran dan Dhoho tidak lagi bisa satu perjalanan.

Kerisauan ini pun terbukti pada hari Selasa (9/5) ini. Melansir dari fanpage Radio CAKRA Krisna Nganjuk, Humas KAI Daop (Humasda) 7 Supriyanto saat wawancara mengatakan pengguna KA untuk memeriksa tiketnya. Ia menerangkan pasalnya tidak ada lagi persambungan perjalanan dalam satu perjalanan KA. Ia pun menambahkan KA yang tersebut adalah KA Dhoho relasi Surabaya Kota – Kertosono – Blitar, dan KA lokal Penataran relasi Surabaya Kota – Malang – Blitar.

Sebelum pernyataan resmi dari Humasda 7 KAI, sejumlah fanpage perkeretaapian dan diskusi di forum perkeretaapian pun telah membahas hal ini. Kebanyakan dari komentar mereka mengkhawatirkan akan harus membayar tiket dua kali. Hal ini karena pola perjalanan yang akan berlaku di GAPEKA 2023 nanti tidak lagi memungkinkan persambungan perjalanan.

Mengacu ke harga tiket saat ini, tiket relasi Tulungagung-Blitar adalah sebesar Rp10.000, sedangkan untuk relasi Blitar-Malang sebesar Rp12.000. Sementara untuk tiket Tulungagung-Malang hanya seharga Rp15.000 untuk saat ini. Berdasarkan skema perhitungan tarif tiket KA Penataran-Dhoho yang sekarang, jika hendak bepergian pada rute Tulungagung-Malang berpotensi akan memakan biaya hingga Rp22.000.

Berdasarkan diskusi di media sosial, para pengguna KA Penataran-Dhoho berharap akan ada skema tiket terusan untuk mengakomodir perjalanan mereka. Salah satu di antara pengguna tersebut justru berharap agar pola operasional ini mendapat protes sehingga batal.

Meski pihak KAI Daop 7 telah angkat bicara, hingga kini, belum ada keterangan dari KAI Commuter terkait skema pelayanan ataupun pembelian tiket KA Penataran pada GAPEKA 2023. Begitu pula dengan apakah KAI Commuter akan menyesuaikan kembali tarif untuk rute-rute nanggung seperti Tulungagung-Blitar-Malang. Artikel ini akurat saat penulisan, informasi terbaru dapat pembaca akses di media sosial KAI Commuter atau ke 021-121. (RED/IHF)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

One thought on “GAPEKA 2023, KA Penataran dan Dhoho Tidak Bisa Lagi Satu Perjalanan

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×