Berita KAIndonesiaKereta ApiKereta CepatUjicoba

KCIC Kembali Ujicobakan EMU, Kali Ini Comprehensive Inspection Train Ikut Serta!

Rangkaian Comprehensive Inspection Train (CIT) milik KCIC saat melintasi bilangan Grand Metropolitan Mall, Bekasi | Foto: RED/Rizki Fajar Novanto

REDigest.web.id, 20/5 – Uji coba kereta cepat dengan EMU telah memasuki hari kedua. Setelah sebelumnya proses uji coba berhasil menggunakan EMU kereta cepat biasa, kini Comprehensive Inspection Train (CIT) pun ikut serta. Menurut rilis pers dari KCIC, uji coba dengan CIT kali ini berfungsi untuk melakukan pengecekan terhadap listrik aliran atas atau overhead catenary system (OCS).

Pengujian pada OCS ini meliputi pengukuran aliran listrik untuk memastikan kemampuan menyuplai tenaga untuk sarana kereta cepat. Berdasarkan pantauan lapangan dari Tim REDaksi, uji coba pada Sabtu (20/5) pagi ini bermula dengan berjalannya kereta CIT dari Tegalluar menuju Halim. EMU CIT berangkat dari Stasiun Tegalluar sekitar pukul 09.00 WIB tadi, dan tiba di wilayah Halim sekitar pukul 12.00 siang ini.

Rangkaian EMU CIT di wilayah Jatiluhur | Foto: Zacky Fahd Mustafa

Menurut kabar di lapangan, kecepatan EMU CIT saat berjalan dari Bandung menuju Halim masih melaju dengan kecepatan terbatas, yakni sekitar 60 km/jam. Selain itu, uji coba ini masih hanya menggunakan satu jalur saja, alias belum kedua jalur yang beroperasi. Jalur yang EMU CIT gunakan ini adalah jalur kanan seperti uji coba pada Jumat (19/5) kemarin.

Sisi lain dari rangkaian CIT yang melintasi Grand Metropolitan Mall Bekasi | Foto: RED/Ahmad Afif Mahdi

Sekitar pukul 13.00 siang, EMU CIT pun bergerak kembali menuju Stasiun Tegalluar menggunakan jalur yang sama. Kemudian sekitar pukul 14.50, EMU CIT kembali bergerak menuju Halim dari Tegalluar, kali ini menggunakan jalur sisi kiri. Akan tetapi, menjelang tiba di wilayah Halim, EMU CIT ini pun justru berbalik arah menuju Tegalluar.

Rangkaian EMU CIT KCIC di bilangan Karawang | Foto: Zacky Fahd Mustafa

Belum ada informasi mengapa pada sore hari ini EMU CIT tidak melanjutkan perjalanan penuh hingga Halim. Sementara itu, untuk EMU biasa kereta cepat kali ini belum kembali melakukan uji coba di lintas. Uji coba ini merupakan bagian dari rangkaian uji coba yang KCIC lakukan untuk mempersiapkan operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Rencananya, moda ini akan beroperasi pada 18 Agustus 2023 mendatang. (RED/IHF)

Tambahan, 20/5 21.25: Berdasarkan rilis pers yang KCIC terbitkan pada Sabtu (20/5) malam, penggunaan CIT pada uji coba hari ini adalah untuk pengecekan kesiapan listrik aliran atas.

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×